Upacara Peringatan Pramuka Di MTs Negeri 1 Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – SALAM PRAMUKA ! SALAM SALAM SALAM… Alhamdulillah di tahun 2022 ini pramuka di Indonesia memasuki usia ke 61. Hari Sabtu (14/8) pukul 07.00 WIB di MTs Negeri 1 Kota Semarang diadakan kegiatan upacara pramuka. Upacara diikuti oleh 1078 peserta, baik para siswa, guru, dan karyawan MTs Negeri 1 Kota Semarang, dengan berpakaian pramuka lengkap. Semangat, displin, dan sikap patriotisme ditunjukkan oleh seluruh peserta saat mengikuti upacara. Kegiatan upacara berlangsung dengan khimad dan penuh syukur kepada Allah Swt. karena diberikan kesehatan di hari pramuka ini.

Petugas dan peserta sedang melaksanakan upacara

Pramuka bermula dari suatu permainan di alam terbuka yang diperuntukkan bagi anak-anak dan dewasa, yaitu suatu pengembaraan. Dengan bermain di alam atau mengembara, kita dapat memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, karena kita dapat melihat kebesaran dan keagungan yang Allah Swt. berikan untuk makhluknya. Sikap berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, bertujuan agar para siswa memiliki kepribadian yang disiplin dan bertanggung jawab untuk diri sendiri, lingkungan, dan mengamalkan pancasila.

Dalam pramuka terdapat Dasa Dharma Pramuka yang merupakan cerminan sikap yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dasa Dharma pramuka mengajarkan kita menjadi manusia agar memiliki hubungan baik pada sesama manusia, lingkungan, dan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.  “Pramuka mengajarkan kepada kita untuk menjadi seorang yang dapat mengamalkan sikap yang baik. Seperti yang tertera pada Dasa Dharma Pramuka yaitu (1) Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; (2) Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia; (3) Patriot yang sopan dan ksatria; (4) Patuh dan suka bermusyawarah; (5) Rela menolong dan tabah; (6) Rajin, terampil, dan gembira; (7) Hemat, cermat dan bersahaja; (8) Disiplin, berani dan setia; (9) Bertanggung jawab dan dapat dipercaya; (10) Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Sikap tersebut harus dimiliki oleh seluruh siswa dan rekan-rekan yang ada di MTs Negeri 1 Kota Semarang,” kata Saptono, guru al-Qur’an Hadits, dalam sambutannya sebagai pembina upacara.

Saptono, selaku Pembina Upacara

Sikap pramuka mengajarkan pada kita untuk menjadi manusia yang lebih baik dalam berbuat kepada sesama manusia maupun pada lingkungan. Kesimbangan dengan alam dapat membuat kehidupan menjadi lebih nyaman. Keseimbangan dengan alam dapat dilakukan dengan hal yang kecil seperti membersihkan lingkungan dan menjaga lingkungan. “Kepada siswa-siswi MTs Negeri 1 Kota Semarang agar lebih menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah di tempat sampah, dan memilah sampah baik yang organik maupun an organik.” Tutur Hj. Rohmah Nuryati, Waka kesiswaan, dalam pengarahan di sela-sela pengumuman, persiapan lomba memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia, setelah upacara pramuka.

Seorang siswi kelas IX I, Najwa mengatakan “Pramuka selain mengajarkan kepada para siswa siswi untuk lebih mandiri dan sederhana, seperti terampil dalam berkarya mengerjakan tugas-tugas sekolah.” Setelah upacara berlangsung para siswa ditugaskan untuk bekerjasama membentuk dan membagi kelompok untuk mempersiapkan perlombaan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia di MTs Negeri 1 Kota Semarang.  “Saya dan teman-teman berdiskusi membahas persiapan lomba dan latihan bernyanyi lagu nasional, supaya dapat juara saat lomba grup paduan suara,” imbuhnya. Dengan semangat jiwa pramuka diharapkan pada ulang tahun Republik Indonesia ke 77 tahun ini para siswa MTs Negeri 1 Kota Semarang memliki jiwa patriot yang dengan sikap displin, bertanggung jawab, mandiri, dan selalu berprestasi. (Humas Emtessa)