Upaya KKG PAI Meningkatkan Mutu dan Pemerataan Kualitas Pendidikan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Rabu, 23/02/2022 KKG. PAI SD kabupaten Brebes menyelenggarakan Rakor yang bertujuan untuk  meningkatakan profesionalitas dan mutu pendidikan  bagi  siswa-siswi terutama pada mata pelajar PAI dikabupaten Brebes.

Rakor yang diikuti oleh peserta 35 orang yang merupakan perwakilan anggita dari 17 Kecamatan di Brebes dilaksanakan di RM. Intan Jatibarang dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat yang diharapkan tidak menimbulkan kluster baru penyebaran dan penularan covid-19 varian baru omickron.

H. Fajarin selaku Kepala Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Brebes memberikan arahan agar rakor kali ini bisa memberikan solusi atas permasalahan yang ada di dalam proses pendidikan dan pengajaran PAI yang dirasakan oleh para guru.

Selain itu para guru dituntut untuk bisa menyingkapi  pemberlakukan kurikulum prototype  dan guru sebagai Aparatur Sipil Negara harus dapat mengimplemtasikan Core Value Ber-AKHLAK,  serta berkolaborasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarat serta adaptif dengan kearifan lokal yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai syariat islam itu sendiri.

“Berkaitan dengan kegiatan Mapsi, kepada guru-guru yang di tunjuk menjadi pembimbing calon peserta agar benar-benar membina dan mempersiapakn diri jauh-jauh hari, jangan sampai mendekati hari H-nya baru dimulai pelatihannya sehingga kurang medapata hasil maksimal, dan carilah calon peserta yang sudah diseleksi sebelumnya jangan asal ambil, dengan harapan kita dapat berbicara baik ditingkat local maupun nasional,” ungkapnya.

Sementara itu Korwilcam Dikdas Kec. Jatibarang, Sultoni menjelaskan bahwa guru-guru PAI harus bersiap dengan strategi pembelajaran PAI yang diberikan kepada para siswa dengan menekankan pada aspek pemahaman siswa, setelah paham siswa diberikan contoh dan yang tak kalah pentingnya adalah pembiasaan  dalam kegiatan sehari-hari, dengan harapan  hal tersebut akan menumbuhkan karakter  siswa  yang berakhlakul karimah .

Sedangkan Ketua Pokjawas PAI Agung Nugroho. Berpesan kepada para guru yang hadir pentingnya mengefektifkan pendataan guru PAI melelui apalikasi online EMIS PAI dan SIAGA serta  memperkuat  KKG PAI sebagaimana tujuan keberadaannya sebagai forum belajar bersama dengan lebih memfokuskan pada Pengembangan Keprofesian Guru PAI, melalui  kegiatan peningkatan kompetensi guri guna memajukan mutu dan pemerataan  kulitas pendidikan PAI khususnya di Kabupaten Brebes.(Hid/Sua).