UPZ Kankemenag Kota Semarang Bantu BAZNAS Tasarufkan Bantuan Pendidikan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Semarang melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, menyerahkan bantuan sebesar Rp.7.300.000,- bagi 21 siswa madrasah, sekolah, dan pondok pesantren di lingkungan Kota Semarang.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang bersama Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Ketua BAZNAS Kota Semarang, dan Ketua UPZ setempat.

Penyerahan dilaksanakan dalam kegiatan apel pagi yang digelar di halaman kantor, disaksikan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Semarang, Senin (09/10/2023).

Ahmad Farid, Kakankemenag Kota Semarang selaku pembina apel, dalam amanatnya menyampaikan apresiasi kepada BAZNAS Kota Semarang, dan menerangkan bahwa bantuan tersebut merupakan bagian dari zakat profesi dari ASN Kankemenag Kota Semarang yang dikumpulkan melalui UPZ yang kemudian disetorkan kepada BAZNAS. “Setiap bulan, ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Semarang menitipkan zakat profesinya melalaui UPZ. Zakat yang terkumpul tersebut kemudia oleh UPZ disetorkan keseluruhannya kepada BAZNAS Kota Semarang. Selain mengumpulkan zakat, UPZ juga mendapatkan amanah dari BAZNAS Kota Semarang untuk turut mentasarufkan zakat tadi kepada mustahik di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Semarang,” tutur Farid.

Ia mengatakan, pemberian bantuan hari ini, merupakan bagian dari pentasarufan dimaksud.

Apresiasi juga disampaikan Plt. Kadisdik Kota Semarang dalam sambutannya, dan berharap, sinergitas antara Dinas Pendidikan, Kemenag, dan BAZNAS terus terjalin dengan baik guna mengentaskan kemiskinan di Kota Semarang, utamanya dalam dunia pendidikan.(Nba/bd)