UPZ Kankemenag Kota Semarang Kelola Zakat Secara Profesional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang telah melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dan pelaporan secara berkala. Demikian disampaikan Cholidah Hanum selaku Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) setempat, pada gelaran apel pagi, Senin (1/8/2022).

 “Alhamdulillah UPZ Kankemenag Kota Semarang telah melaksanakan rakor secara rutin berkala. Pada awal Januari 2022 UPZ telah melaksanakan rakor pertama, yang membahas tentang program kerja yang akan dilaksanakan pada semester I dan tahun 2022,” tuturnya.

“Rakor kedua telah kami laksanakan pada akhir semester I atau awal Juli kemarin. Rakor UPZ  semester I  membahas tentang program kerja dan kegiatan yang telah dilaksanakan pada bulan Januari-Juni 2022, laporan pemasukan zakat dan pentasarufan. Selain itu juga membahas kegiatan-kegiatan yang akan kami laksanakan pada Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 dan Bulan Muharam 1444 H,” terangnya.

“Melalui rakor, kami juga melakukan evaluasi atas pengelolaan zakat yang dititipkan oleh PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Kankemenag Kota Semarang kepada UPZ,” ujarnya.

Hanum menginformasikan, Rakor Pelaporan dan Evaluasi Semester I UPZ Kankemenag Kota Semarang yang dilaksanakan pada Senin (22/7/2022) itu, dihadiri oleh Penasihat dan Pengurus UPZ, pelaksana keuangan pada Sub Bagian Tata Usaha dan perwakilan pegawai selaku muzaki di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Kankemenag Kota Semarang yang telah mempercayakan UPZ sebagai lembaga pentasaruf zakat profesi baik dari gaji, tunjangan kinerja (tukin) maupun Tunjangan Profesi Guru (TPG). “Semoga menjadi berkah dan barokah untuk keluarga besar Kankemenag Kota Semarang,” ungkapnya.

Selain itu, dalam gelaran apel, Hanum juga menginformasikan reorganisasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Semarang, telah ditandatanganinya kerja sama tripartit terakit wakaf, program kerja yang akan dilaksanakan oleh UPZ dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022, dan agenda kegiatan sosialisasi aplikasi e-AIW.

Apel dimaksud dilaksanakan di halaman kantor, yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), siswa dan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.(Hanum/Jenggo/NBA/bd)