UPZ Kankemenag Kota Semarang Kelola Zakat Sesuai Regulasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Dalam kegiatan rapat koordinasi (rakor) semester I Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, Senin (25/7/2022) di Rodjo Resto, Cholidah Hanum selaku Ketua UPZ Kankemenag Kota Semarang melaporkan kegiatan yang telah dilakukan selama awal semester 2022.

“Zakat yang kami kelola telah kami tasarufkan kepada yang berhak menerima diantaranya, kepada siswa dan guru berprestasi dalam kegiatan HAB (Hari Amal Bhakti) Kemenag ke-76, bantuan renovasi rumah bagi siswa miskin berprestasi dan juga renovasi madrasah, bantuan anak-anak pegawai nonPNS dan penjaga KUA (Kantor Urusan Agama) yang diberikan pada saat pelaksanaan kegiatan Capacity Building, PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) dan pegawai Koperasi Kemenag KPRI Tulus Karya, bantuan kepada anak-anak berkebutuhan khusus, dan juga bantuan pendidikan bagi siswa madrasah dan santri yatim, serta dhuafa” paparnya.

Ia menuturkan, zakat yang ditasarufkan UPZ Kankemenag Kota Semarang sesuai dengan regulasi yang berlaku. “Sesuai Undang-Undang nomor 23/2011 dan sesuai arahan penasihat, kami menyetorkan seluruh zakat yang diterima oleh UPZ Kankemenag Kota Semarang kepada BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Semarang. Dari penyetoran tersebut, UPZ akan menerima pengembalian sebesar 70%, dimana 12,5% untuk operasional dan 57,5%nya untuk ditasarufkan,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, selain melaporkan pentasarufan, Hanum juga menyampaikan penggunaan operasional zakat sebesar 12,5% dimaksud, diantaranya untuk pembelian theodolit, support kegiatan HAB, operasional mushalla Al Ikhlas Kankemenag Kota Semarang, penggandaan Surat Edaran (SE) Menag nomor 5/2022, pencetakan stopmap dinas atas nama UPZ Kankemenag Kota Semarang, kegiatan buka bersama dan pencetakan jadwal imsakiyah 1443 H, biaya operasional penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban, serta untuk menunjang kegiatan operasional perkantoran lainnya.

Selain pengurus, kegiatan ini dihadiri pula oleh panasihat UPZ Kankemenag Kota Semarang, serta perwakilan muzaki.(Hanum/Dintha/NBA/bd)