Penyuluh Sambangi Napi Berikan Binroh

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Penyuluh merupakan sosok yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama dalam memenuhi kebutuhan rohani. Bagi seseorang yang sedang ingin meningkatkan keimanannya, kehadiran penyuluh ini dirasakan sangat berarti.

Keberadaan penyuluh ini di antaranya dirasakan betul oleh para nara pidana rutan kelas IIB Rembang. Siti Nafi’ah adalah penyuluh Agama Islam Kemenag Rembang yang rutin memberikan penyuluhan di Rutan kelas II B, khususnya nara pidana perempuan.

Penyuluhan ini disampaikan kepada napi wanita setiap Senin. Ada banyak materi penyuluhan yang diberikan kepada beberapa napi ini. Di antaranya baca tulis Alquran, akidah, fikih dan lainnya.

“Mereka ini sangat membutuhkan sentuhan rohani. Saya kerap kali mengatakan kepada mereka, kejahatan di masa lalu agar tidak menghalangi seseorang untuk bertaubat dan selau berusaha memperbaiki diri,” kata Nafiah ketika diwawancara Senin (25/7/2022).

Nafiah berharap, dengan adanya bimbingan rohani, napi dapat mempertebal keimanan dan meningkatkan pengetahuan agama. Sehingga mereka bisa mengetahui mana yang baik dan buruk.

“Kami juga menuntun mereka dalam menunaikan ibadah, agar ibadahnya menjadi benar sesuai syariah. Dengan begitu, sambil menjalani hukuman mereka bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah dan banyak memohon ampun kepada Allah atas kesalahan yang pernah mereka perbuat,” kata Nafiah.

Bahkan, ada napi yang akhirnya menjadi mualaf. “Ada seorang napi non muslim. Ikut pengajian kami. Akhirnya menjadi mualaf. Di sini saya merasa teharu,” pungkas Nafiah. – nafi/iq/rf