UPZ Kankemenag Kota Semarang Serahkan Laporan Kepada BAZNAS Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kota Semarang menyerahkan laporan kegiatan pengelolaan zakat kepada BAZNAS Kota Semarang. Diserahkan oleh Ketua UPZ Cholidah Hanum didampingi pengurus Sri Yunianto Anwar dan Eko Saraswati. Laporan diserahkan kepada Kepala Bagian Pelaporan BAZNAS Kota Semarang Tri Wahyudi dan Kepala Bagian Pengumpulan Ahmad Muhtadin akhir pekan lalu di Ruang Gara Zawa Kankemenag Kota Semarang.

“Pada akhir pekan hari Jum’at kemarin, kami telah menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban kegiatan pentasarufan Zakat Mal/Zakat Profesi dan Zakat Fitrah ASN Kankemenag Kota Semarang Tahun 1443H/2022M”, kata Hanum Ketua UPZ di ruang kerjanya Senin (22/8).

Kegiatan pentasarufan sudah berlangsung bulan Ramadan kemarin tetapi Hanum menjelaskan karena padatnya aktivitas di tusinya sehingga laporan baru diserahkan setelah selesai dijilid, lengkap beserta lampiran administrasi, dokumentasi foto dan daftar mustahik penerima zakatnya. Disamping pentasarufan di bulan Ramadan 1443H, UPZ juga telah melaksanakan kegiatan pentasarufan lainnya antara lain bantuan renovasi madrasah, bantuan pendidikan bagi siswa madrasah dan santri TPQ, Madin dan Ponpes serta bantuan sosial bagi pegawai non PNS kantor Kemenag dan KUA serta madrasah dan juga masyarakat sekitar.

Penyerahan laporan ini merupakan amanat Peraturan BAZNAS nomor 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat.

Pada pertemuan siang itu juga dilakukan koordinasi terkait penyetoran zakat profesi berupa setoran zakat ASN Kemenag Kota Semarang yang berasal dari gaji, Tunjangan Kinerja dan Tunjangan Profesi Guru di lingkungan Kemenag Kota Semarang tiap bulannya serta pengembalian 70 persen dari setoran gaji, tukin, TPG untuk dikelola oleh UPZ Kankemenag Kota Semarang.

Dibahas juga rencana penandatanganan kerjasama antara Kemenag Kota Semarang dengan BAZNAS Kota Semarang, sekaligus penyampaian program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh UPZ Kemenag Kota Semarang dalam rangka peringatan Muharam 1444 Hijriah dan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Bulan Agustus 2022 ini kami akan adakan Berbagi Sesama Peduli Yatim dan Peduli Difabel bagi 174 siswa madrasah di Kota Semarang. Alokasi dana zakat yang ditasarufkan oleh UPZ Kankemenag Kota Semarang pada kegiatan dalam rangka memperingati Muharam 1444 H dan HUT RI sebesar 83 juta rupiah”, terang Hanum yang juga sebagai Penyelenggara Zakat dan Wakaf.

Disampaikannya perencanaan pembagian kuota dan proses usulan data penerima sudah berlangsung awal Agustus kemarin. Sedangkan rencana bantuan akan diserahkan pada minggu depan ini, yakni di minggu keempat bulan Agustus. “Perwakilan penerimaan bantuan akan dilaksanakan pada apel pagi Senin (22/8) di halaman kantor oleh Kakankemenag Kota Semarang kepada perwakilan siswa madrasah”, pungkasnya.(Hanum/bd)