Walikota Aaf Harapkan Walikota Cup Pelajar 2023 Jadi Ajang Gelorakan Olahraga dan Isi Kegiatan Positif

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Ajang pertandingan memperebutkan Piala Walikota Cup tingkat Pelajar Kota Pekalongan Tahun 2023 resmi dibuka oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, berlangsung di GOR Jetayu setempat, Rabu, (17/5/2023). Ada 6 cabor yang dipertandingkan dalam Walikota Cup yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dinparbudpora) tahun ini yakni lari estafet, panahan, bola voli, sepak takraw, futsal dan bola basket.

Walikota Aaf, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa, ajang kejuaraan olahraga Walikota Cup Tahun 2023 tingkat pelajar sekolah bisa dibuka dengan diawali lomba futsal antar pelajar tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA sederajat.

“Masyarakat saat ini masih merasakan euforia Sea Games, sehingga Walikota Cup tingkat pelajar Kota Pekalongan ini dirasa sangat tepat diadakan untuk menularkan semangat menggelorakan olahraga ke anak-anak pelajar dari tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat,” ucapnya.

Menurutnya, ajang lomba olahraga di tingkat pelajar ini dimaksudkan untuk melatih disiplin pelajar supaya memiliki jiwa sportif, saling menghormati baik kepada lawan maupun kawan, dan bisa terus mengisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif, salah satunya melalui kegiatan olahraga.

“Jangan sampai waktu luang para pelajar ini diisi dengan kegiatan-kegiatan yang negatif seperti terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba, tindak kriminal dan sebagainya. Lebih baik mereka bisa melakukan hal positif semacam ini untuk bisa ikut ajang olahraga Walikota Cup, POPDA, dan meningkatkan prestasinya baik akademik maupun non akademik,” tegasnya.

Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, M Sahlan melalui Plt Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Endro Triatmo menuturkan, Walikota Cup tingkat Pelajar Kota Pekalongan Tahub 2023 ini berlangsung mulai tanggal 17-25 Mei 2023 yang diikuti oleh 2.766 siswa dari 60 sekolah jenjang SD, 25 SMP, dan 22 SMA sederajat. Endro menyebutkan, untuk cabor futsal dilaksanakan dipertandingkan di Gor Jetayu pada 17-21 Mei 2023,  dilanjutkan cabor sepak takraw tanggal 20-21 di Gor Jetayu, tanggal 20-21 untuk cabor panahan di SMP Negeri 14 Pekalongan. Kemudian, untuk cabor lari estafet dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2023 di Stadion Hoegeng, tanggal 23-25 Mei 2023 untuk cabor basket di MAN Insan Cendekia Pekalongan, dan cabor voli pada tanggal 23-25 Mei 2023 di Gor Jetayu.

“Tahun 2023 ini merupakan event Walikota Cup yang ke-2 diselenggarakan, dimana peserta yang mengikuti ajang lomba olahraga ini semakin bertambah, dan antusias dari para pelajar dari berbagai sekolah ini semakin tinggi. Dengan adanya Walikota Cup antar pelajar se-Kota Pekalongan ini bisa membuat siswa-siswi berlatih minat bakatnya di bidang olahraga secara terprogram dan bisa memacu semangat mereka untuk mengisi kegiatan luang dengan hal-hal yang positif,” tandasnya. (Tim KP/Ant/bd).