Winggi Sukses Raih Juara 1 Kompetisi Mapel Kabupaten Banjarnegara Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Winggi Aurella Sahasika, siswi kelas IX MTs Negeri 4 Banjarnegara kembali mengharumkan nama madrasah  dengan meraih juara 1 Kompetisi Mapel Tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Banjarnegara dalam rangka Harlah MA Al-Hidayah 1 Purworejo Klampok, Banjarnegara, dengan memperoleh nilai tertinggi yaitu 124. Nilai yang diperoleh Winggi tersebut jauh di atas perolehan nilai peserta lain. Winggi meraih kemenangan setelah dalam babak final yang dilaksanakan pada hari Selasa, (4/10/2022) berhasil menyisihkan rival-rivalnya yang yang berasal dari berbagai SMP dan MTs di Banjarnegara.

Kemenangan tersebut tentu membawa kebahagiaan bagi semua warga MTsN 4 Banjarnegara, tak terkecuali kepala madrasah, Sidik Wibowo Akhmad.

“Alhamdulillah siswi MTsN 4 Banjarnegara kembali mempersembahkan prestasi bagi madrasahnya. Saya merasa bahagia dan bersyukur, serta berterima kasih atas apa yang telah diraih oleh Winggi, semoga prestasi ini membawa dampak positif dan memotivasi teman-teman yang lain untuk berlomba-lomba meraih prestasi,” ujar Sidik Wibowo saat diwawancarai tim jurnalistik.

Senada dengan kepala madrasah, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MTs Negeri 4 Banjarnegara, Sarif Hikmayanto, menyatakan kegembiraannya atas prestasi yang diraih oleh Winggi Aurella Sahasika.

“Saya sangat bersyukur dan bangga atas prestasi ini, semoga ini bisa menjadi penyemangat bagi siswa lain untuk meraih juara sesuai bidang-bidang kemampuan masing-masing, sehingga MTsN 4 Banjarnegara semakin membara,” kata Sarif Hikmayanto.

Kompetisi Mapel SMP/MTs yang diselenggarakan oleh Madrasah Aliyah Al-Hidayah 1 Purworejo Klampok, Banjarnegara, merupakan lomba mapel terintegrasi dengan materi yang dilombakan meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika. 

Kompetisi dilaksanakan dalam dua tahap yaitu babak  penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan, jumlah soal yang dikerjakan oleh peserta adalah 35 nomor, dengan waktu pengerjaan 60 menit. Bentuk soal pilihan ganda dengan ketentuan penilaian adalah skor 4 untuk jawaban betul, minus 1 untuk jawaban salah, dan nol apabila tidak dikerjakan.

Babak penyisihan telah dilaksanakan secara daring  di madrasah atau sekolah masing-masing pada tanggal 1 Oktober 2022, pukul 13.00 -14.00 WIB, sedangkan untuk babak final dilaksanakan langsung dan serentak di Aula MA Al-Hidayah pada tanggal 4 Oktober 2022 mulai pukul 09.00-11.00 WIB dengan menggunakan akun CBT. Jumlah soal 50 nomor dengan waktu pengerjaan 120 menit. Peserta babak final merupakan tiga peringkat teratas babak penyisihan di sekolah atau madrasah masing-masing.

Rincian pemenang pada Kompetisi Mapel SMP/MTs adalah sebagai juara pertama, Winggi dari MTsN 4 Banjarnegara, memperoleh nilai 124, juara kedua dengan nilai 109 diraih oleh MTs Ma’arif NU Susukan, juara 3 diraih SMP Nurul Ambiya dengan nilai 103. Para pemenang kompetisi memperoleh piagam, trophy dan uang pembinaan dari penyelenggara. (khm/ak/rf)