Workshop Menulis Berita, Tingkatkan Literasi dan Karya Santri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sukoharjo (Humas) – Kakanwil menjadi Keynote Speaker pada kegiatan Santri Terampil Menulis Berita yang diselenggarakan Pondok Pesantren Al-Muayyad Windan Sukoharjo di Aula Serba Guna Pondok Pesantren, Sabtu (25/05/24).

Sambutan Pengasuh Ponpes Al-Muayyad, Ibu Nyai Hj. Murtafiah Dian Nafi yang mengapresiasi kegiatan ini, karena menjadi sarana penting bagi santri dalam belajar menulis yang kelak menjadi narasumber informasi dan dakwah kepada masyarakat.

“Kegiatan ini juga sebagai pemicu para santri menjadi seorang pewarta sekaligus sebagai agen perubahan yang dituntut mampu dan terbuka terhadap tantangan zaman. Santri ikut serta dalam mencerdaskan bangsa, berkhidmat kepada umat dalam pemberdayaan umat.” ucap bu Nyai.

Dalam paparannya, Kakanwil menyampaikan kegiatan ini dalam upaya melanjutkan kembali perjuangan K.H. Dian Nafi dalam mendorong para santri agar memiliki pemahaman jurnalistik, utamanya dalam hal menulis berita. Dengan kemampuan santri dalam menulis, setidaknya sumber berita mempunyai spirit agama di dalamnya.

“Ajaran-ajaran K.H. Dian Nafi mempunyai nilai yang sangat berharga bagi santri.
Pelajaran yang dapat diambil dari beliau adalah bahwa setiap kesempatan kita harus bisa melakukan kebaikan. Salah satunya melalui menulis yang kelak akan dibaca oleh generasi-generasi penerus kita,” jelasa Kakanwil.

“Kalau sebuah berita bukan sebagai sumber utama, maka bisa menjadi pembanding.
Semoga kegiatan yang dilaksanakan ini bisa memberikan kebaikan pada santri dan guru-guru kita,” lanjutnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan infaq buku Santri Terampil menulis Berita dan Shodaqoh Ilmu Jurnalis Santri Terampil Menulis, karya Nasrullah Krisnan, Penulis buku yang juga menjadi narasumber kegiatan ini kepada perwakilan santri.(A/Sua)