Ziarah Makam Tokoh Kemenag, Jadi Rangkaian HAB ke 77

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Berbagai rangkaian kegiatan jelang Hari Amal Bhakti (HAB) ke 77 Kementerian Agama mulai disemarakkan sejak pertangahan Desember ini. Lomba kreatifitas, olehraga dan seni turut mengjadi rentetan agenda peringatan HAB. Juga sebagai bentuk refleksi mengenang jasa para tokoh Kemenag yang ada di Kabupaten Kendal, jajaran ASN Kantor Kementerian Agama Kab. Kendal melaksanakan kegiatan ziarah ke makam tokoh karismatik, Rabu (28/12).

Tempat pertama yang diziarahi adalah makam KH Abdul Hamid, Kepala Kemenag Kendal pertama sekaligus tokoh perintis Nahdlatul Ulama (NU) Kendal. Selanjutnya makam H. Masyhudi, di Kecamatan Pegeruyung serta Prof Qodri Azizi di Kecamatan Rowosari. Kakan Kemenav Kendal mengungkapkan kegiatan ziarah ini dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan HAB yang bertujuan untuk mengenang, menghargai, dan menghormati jasa-jasa pahlawan.

“Kita sebagai pewaris perjuangan para pendahulu maka hendaklah mempertahankan dan melanjutkan perjuangan dengan visi dan misi yang nyata,” ungkap

Selaanjutnya Mahrus menambahkan sebagaimana sebuah ungkapan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai Jasa Para Pahlawannya. Dimana semangat para tokoh terdahulu selayaknya menjadi warisan untuk diteruskan oleh genarasi selanjutnya.

“Dengan mengirimkan doa semoga menjadi hadiah untuk melapangkan jalan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” pungkas Mahrus. (bel/rf)