FKPAI KUA Karangkobar selenggarakan Lomba Desain Poster Dakwah

Banjarnegara – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kantor Urusan Agama (KUA) Karangkobar menyelenggarakan Lomba Desain Poster Dakwah (22/11/21). Kegiatan Lomba yang dilaksanakan secara online dalam rangka semarakan hari pahlawan bulan November ini. Walaupun secara online kegiatan tersebut berlangsung secara baik dan teratur serta berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Kegiatan ini diperuntukan bagi pelajar Tingkat SLTA se-kecamatan Karangkobar, yaitu SMK, MA dan SMA N. Dengan mengangkat beberapa tema seperti wawasan kebangsaan, cinta tanah air, stop pernikahan dini, jauhi narkoba, dan menghindari kenakalan remaja.

Kegiatan perlombaan ini didukung oleh BMT Al-Ishlah Karangkobar, yang pelaksanaannya dimulai tanggal 10 sampai dengan 22 November ini telah melalui berbagai proses dari mulai pendaftaran, pengumpulan karya, penjurian dan puncaknya pengumuman pemenang lomba dan pemberian Penghargaan.

Hadir dalam acara pemberian penghargaan lomba 6 peserta juara lomba, guru Pembina lomba, penyuluh Agama serta Kepala KUA sebagai atasan langsung Penyuluh Non PNS.

Fadlil Munawir selaku kepala KUA Karangkobar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi pada peserta lomba, ” Kami ucapkan terimakasih atas partisipasinya adik2 semua dalam acara lomba desain poster dakwah ini, adik-adik yang menjadi juara ini adalah yang hasil karya paling bagus,” terangnya.

Fadlil juga memberikan pesan kepada para pemenang untuk tidak nikah dini, ” Salah satu tema lomba kemarin tentang cegah pernikahan dini, ayo Adik-adik jangan buru-buru menikah. Karena saya lihat masih kelas 10, 11 dan 12 dan belum ada yang 19 tahun, selesaikan sekolahnya dulu lanjutkan ke Perguruan tinggi dan raih cita-citanya,” pesan Fadlil.

Ketua panitia penyelenggara, Duwi Rohmah mengatakan bahwa acara ini secara umum berjalan lancar dan sukses, “Walaupun ada 1 sekolah yang tidak bisa mengirimkan Pesertanya yaitu SMK Muhammadiyah Karangkobar, tapi acara lomba ini berjalan lancar, diikuti oleh 29 peserta dari 3 sekolah yaitu 9 peserta dari SMA N 1 Karangkobar, 10 peserta dari SMK Ma’arif Karangkobar dan 10 peserta dari MA Cokroaminoto,” tuturnya.

Duwi menambahkan bahwa dakwah melalui media sosial bisa lebih efektif, ” Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi serta media sosial di kalangan remaja, ini merupakan lahan yang sangat efektif untuk menyebarluaskan ajaran Islam ke seluruh masyarakat melalui media sosial.  Sehingga kami mengajak peran aktif remaja untuk ikut berpartisipasi dalam lomba desain poster dakwah, ” tambahnya.

Salah satu guru SMA N 1 Karangkobar, Heru Dedy menyampaikan rasa senangnya menguikuti acara ini. “Terimakasih sudah menyelenggarakan acara seperti ini. Jadi siswa bisa ikut berperan, juga untuk meningkatkan wawasannya, tambah semangat belajarnya juga menjadi motivasi , terimakasih sekali, ” pungkasnya.  (dr/ak/rf)