HUT dan HAB, PGRI Kemenag Syiar Lewat Syair

Slawi – Dengan ilmu, hidup menjadi mudah. Dengan seni, hidup menjadi indah. Demikian dikatakan Akhmad Farkhan  Pelaksana tugas Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. Tegal, dalam sambutannya membuka Lomba Karaoke Kasidah pada Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI yang ke-72,di Aula Al-Ikhlas Kankemenag Kab. Tegal, Kamis (14/12).

Bahwa PGRI Cabang Khusus (Cabsus) Kemenag Kab. Tegal menggelar ajang tarik suara lagu-lagu religi tersebut. “Seni adalah kebutuhan jiwa yang mesti dipenuhi,” kata Farkhan. “Islam itu indah, maka sampaikanlah dengan seni dan rasa,” tambahnya.

Farkhan berharap lomba kasidah tidak sekedar lomba, tapi sebagai media mengingat Allah dan Rasul, tidak sebaliknya melalaikan diri dari takwa. Kasidah juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana syiar.

Semarak lomba diikuti 14 regu yang terdaftar, setiap peserta diwajibkan mendendangkan lagu Ya Rabbi Barik sebagai lagu wajib. Adapun peserta yang ikut lomba berasal dari 14 ranting PGRI yang tergabung dalam Cabsus, tak terkecuali guru dari kalangan madrasah negeri.

Selanjutnya, Abdul Kholik ketua PGRI Cabsus Kemenag Kab. Tegal menyampaikan, bahwa banyak potensi guru di bidang olahraga dan seni yang harus digali dan dioptimalkan. “Selain untuk merayakan HUT dan HAB, ajang ini diadakan sebagai wadah guru untuk mengekspos bakat mereka dalam berkesenian,” jelasnya.

Setelah kompetensi pedagogik, profesional, dan kepribadian, guru juga harus memiliki sosialitas yang bagus. Menurutnya, acara ini adalah salah satu pengembangnya.

“Semoga Guru Hebat bukan hanya visi tanpa eksekusi. Untuk madrasah hebat, dipelukan juga pendidik-pendidik yang hebat,” pungkasnya semangat. (gap/rf)