Jaga Kesehatan Sesama dan Tingkatkan Doa

Semarang (Humas) – Ketua MUI Jawa Tengah, KH. Ahmad Darodji dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Prov. Jateng, Multazam Ahmad berikan arahan pada Sosialisasi SE Menag Nomor SE. 21 Tahun 2021 dan Inmendagri Nomor 24 Tahun 2021 melalui zoom meeting yang diinisiasi Bidang Urais Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Selasa (27/07).

Acara diawali dengan sambutan Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad yang menegaskan supaya segenap ASN Kementerian Agama baik yang ada di Provinsi, Kab/Ko, Struktural dan Fungsi dapat melaksanakan 4 hal, yakni Melanjutkan pelaksanaan Instruksi Menteri Agama No. 1 Tahun 202, Mensosialisasikan SE Menag No. 21 Tahun 2021, Koordinasi yang intens dengan Pemerintah Daerah, Satgas Covid dan Aparat Keamanan serta Melaporkan pelaksanaan tugas.

Ahmad Darodji menegaskan bahwa para tokoh-tokoh agama sebagai pimpinan umat supaya meneruskan kepada umat bahwa kita semua diberi nikmat sehat untuk disyukuri dan membuat yang lainnya sehat dengan cara mengajak yang lainnya untuk senantiasa menjaga kesehatan sesuai dengan regulasi dan kebijakan yang ada.

“Menjaga kesehatan ini harus dilakukan oleh semua pihak, sebab barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia di dunia, MasyaAllah. Maka sampaikan itu kepada seluruh umat termasuk seluruh upaya pengendalian penurunan level covid-19 menuju kearah yang lebih baik itu adalah usaha kita. Ikut menjalankan protokol kesehatan bukan hanya nderek dawuhe Pemerintah tapi ini termasuk ibadah kita menyelamatkan orang lain,” tutur Darodji.

“Jangan lupa juga sebagai insan-insan Kementerian Agama, Majelis Ulama dan Dewan Masjid yo donga, kita terus berdoa dan yakinkan kepada umat kalau covid-19 ini adalah makhluk, sebab makhluk itu manut kalihan Khalik, manut kalihan Gusti Allah. Kita mohon kepada Gusti Allah supaya makhluk yang namanya covid-19 ini segera dipanggil kembali. Kita edukasi masyarakat dengan bahasa-bahasa agama,” tegasnya.

Sedangkan Ketua Dewan Masjid Indonesia Prov. Jateng yang diwakili oleh Sekretaris Dewan Masjid Indonesia Prov. Jateng, Multazam Ahmad setuju dengan apa yang dituturkan oleh Ketua MUI Jateng bahwasanya menyelamatkan nyawa seluruh umat adalah tugas kita bersama. Multazam juga mengharapkan supaya Kakanwil dapat mengeluarkan rekomendasi-rekomendasi untuk diedarkan kepada masjid-masjid yang ada.

“Saya juga berharap supaya pihak Kanwil dapat mengeluarkan rekomendasi yang nantinya akan disebarkan ke seluruh masjid di Jawa Tengah terkait regulasi ini, serta terus bergerak bersama tidak hanya hal-hal yang rasional terkait 5M namun juga hal yang suprarasional yakni 1D, doa bersama, mari kita perbanyak,” ucap Multazam.(pqq)