Juara Nasional, jadikan KUA Tawangharjo Obyek Kaji Terap

Salatiga – Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga beserta KUA Kecamatan se-Kota Salatiga melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke KUA Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Kunjungan Kerja ini merupakan kunjungan pertama kalinya bagi Seksi Bimas Islam dan KUA se Kota Salatiga. Hal utama yang menjadi daya tarik dari Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Salatiga kunker ke KUA Tawangharjo selain program Simkah juga inovasi dari KUA Tawangharjo yang mengantarkan menjadi juara 1 (satu) KUA Teladan tingkat Provinsi  Jawa Tengah tahun 2018.

Rombongan terdiri dari Kasi Bimas Islam dan staf, Kepala KUA, Penyuluh, Prakom dan Humas yang berjumlah 11 orang dipimpin langsung oleh Kasi Bimas Islam, Nurcholis berangkat dari kota Salatiga ke KUA Tawangharjo Kab Grobogan pada hari Rabu (05/12).

Nurcholis dalam sambutannya menyampaikan, tujuan kunjungan kerja ini adalah selain untuk menjalin silaturrahim juga untuk meningkatkan kinerja serta wawasan ASN Kantor Urusan Agama Kota Salatiga.

Ditambahkan oleh Nurcholis bahwa kunjungan kerja ini bukan berarti KUA yang tupoksinya berada di wilayah yang dipimpinnya untuk menjadi KUA teladan di tahun depan.

“Adanya pengalaman baru yang diperoleh sebagai bahan adopsi dan mungkin akan diterapkan di KUA Kota Salatiga dan tentunya untuk menjadi KUA teladan baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional bukanlah hal yang enteng,” papar Nurcholis.

Dalam kunjungan kerja ini, Nurcholis membagi tugas kepada peserta kunjungan kerja untuk menyerap seluruh informasi seputar pelayanan KUA yaitu mulai pengelolaan administrasi, program Simkah, program kemasjidan, program wakaf dan lainnya. Hasil dari perjalanan kunjungan ini kemudian bisa dijadikan bahan dan motivasi untuk peningkatan SDM maupun peningkatan pelayanan KUA kepada masyarakat.

Nurcholis mempersilahkan peserta untuk menggali potensi yang ada di KUA Tawangharjo yang nantinya bisa diterapkan di KUA Kota Salatiga.

Sementara itu Kepala KUA Tawangharjo Musro menyatakan, kami siap menerima kunjungan kerja darimanapun, akan kami berikan semua pengalaman kami dalam berinovasi dan dalam perbaikan layanan kami. 

“Kami semua bangga apabila inovasi kami dapat diterima serta diterapkan di KUA, semua itu untuk perbaikan pelayanan dan kemaslahatan umat,” jelasnya.

Selesai pemaparan program dan observasi lapangan langsung di lingkungan Kantor KUA Tawangharjo berkaitan pelayanan dan lain-lain. Para peserta kungker berbincang dengan staf KUA berkaitan job diskription dan tugas masing-masing dan dilanjutkan sesi foto bersama dihalaman Kantor Urusan Agama Tawangharjo.(KK-Nurch/gt)