kakankemenag Kab. Kudus Serahkan Beasiswa Berprestasi dan Tahfiz Siswa MAN 1 Kudus

Kudus  – (12/2), Berbeda dari pelaksanaan upacara hari senin seperti biasanya, bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus. Menjadi momen berharga bagi peserta didik MAN 1 Kudus dapat menerima beasiswa berprestasi dan tahfiz yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus.

Selaku pembina upacara, Noor Badi mengapresiasi program rutin MAN 1 Kudus dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didiknya melalui pemberian beasiswa berpestasi baik akademik dan non akademik. Terlebih lagi mulai tahun pelajaran ini, terdapat satu program beasiswa baru yaitu beasiswa tahfiz.

Program beasiswa sebagai bentuk nyata perhatian madrasah atas prestasi dan hasil yang dicapai peserta didik. Dengan adanya beasiswa harus menjadi motivasi seluruh siswa untuk berkompetisi dalam meraih dan meningkatkan prestasinya. Bagi siswa yang terpenting adalah belajar dan belajar. Khusus untuk para penerima beasiswa tahfiz, Noor Badi berpesan agar terus melanjutkan hafalannya sehingga lulus dari MAN 1 Kudus khatam 30 juz. Dan semoga banyak lahir orang-orang sukses dari alumni MAN 1 Kudus, tetapi tidak pernah melupakan jasa gurunya, harapnya.

Apresiasi khusus ditujukan kepada Suhamto, Kepala MAN 1 Kudus yang telah mencanangkan pemberian beasiswa tahfiz bagi siswa penghafal al Qur’an di MAN 1 Kudus. Terus berupaya mengembangkan program dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di MAN 1 Kudus, baik peningkatan mutu penyelenggaraan dan peningkatan sarana prasarana pendidikan.

Para siswa penghafal al Qur’an yang ada di MAN 1 Kudus harus mendapatkan perhatian dan dikelola dengan baik. Jika perlu difasilitasi adanya asrama untuk mendukung rencana pembukaan program tahfiz MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2018/2019, lanjut Noor Badi.

Pemberian Beasiswa Berprestasi dan Tahfiz ini berdasarkan Keputusan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus nomor : 289 dan 349 tahun 2018. Tercantum 18 (delapan belas) siswa menerima beasiswa berprestasi semester gasal tahun pelajaran 2017/2018 dari paralel 1 – 3 tiap tingkat tiap jurusan.

Dari 4 (empat) siswa penerima beasiswa tahfiz yaitu Noval Ainur Rokhim bin Agus Samiran XII IPA-1 hafalan 15 juz. Dan Mazda Arofa bin Abdul Lathif XII IPS-1, Mohammad Syauqi Radja Robbany bin Nurhin XII IPS-3, serta Eriya Dewi Nur A. bin M. Suharjo XII IPA-2 yang hafalan ketiganya telah mencapai 10 juz.(Agus/bd)