Kakankemenag Purbalingga Resmikan Miniatur Kerukunan Umat Beragama

Kakankemenag Purbalingga H. Karsono melakukan pengguntingan tali pengikat balon kerukunan yang dipegang perwakilan tokoh-tokoh agama dan ormas keagamaan di kabupaten Purbalingga disaksikan Lurah Purbalingga Kulon dan para pejabat di jajaran Kantor Kementerian Agama kabupaten Purbalingga.

Purbalingga  – Bertempat di Tempat Ibadah Tri Dharma Klenteng Hok Tek Bio Purbalingga, Rabu (2710/2021) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H. Karsono meresmikan Wilayah Kelurahan Purbalingga Kulon, Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga sebagai Miniatur Kerukunan Umat Beragama.

Kegiatan peresmian yang dilanjutkan dengan Dialog Kerukunan Umat Beragama tersebut dihadiri Kasubbag TU, para Kasi dan Gara, serta Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Agama Bidang Kerukunan Umat Beragama (KUB) dari 20 KUA yang ada di Purbalingga. Selain itu hadir tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama mewakili berbagai ormas keagamaan yang ada di kabupaten Purbalingga seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), Muslimat NU, Aisyiyah, Fatayat NU, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Ansor, LDII, Badan Kerja Sama Antar Gereja (BKSAG), juga tokoh Kristen, Katolik dan Khonghucu.

Kakankemenag Purbalingga Karsono dalam sambutan pengarahannya menegaskan, pencanangan wilayah Kelurahan Purbalingga Kulon sebagai Miniatur Kerukunan Umat Beragama merupakan salah satu upaya untuk menciptakan moderasi kerukunan antarumat beragama khususnya di kabupaten Purbalingga. Menurutnya, Purbalingga Kulon saat ini memiliki potensi tersebut. D aintaranya karena di wilayah tersebut terdapat sedikitnya tiga sarana ibadah dari sejumlah penganut agama mulai dari masjid, gereja hingga klenteng.

“Ini menjadi upaya untuk menciptakan keutuhan NKRI. Salah satunya dengan mewujudkan toleransi beragama,” katanya.

Ia berharap, nantinya akan semakin tercipta sinergi antara tokoh-tokoh agama dengan masyarakat terutama dalam menciptakan moderasi dan toleransi beragama.

Dengan ditetapkannya Kelurahan Purbalingga Kulon Sebagai Miniatur Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Purbalingga, Karsono berharap dapat menjadi inspirasi bagi kabupaten / kota lain khususnya di Jawa Tengah dan berdampak baik dalam mewujudkan ketenteraman dan kerukunan umat beragama.

Ketua Klenteng Hok Tek Bio Mulyadiyanto mengungkapkan, pihaknya siap melaksanakan berbagai kegiatan dan program guna mendukung keberadaan Zona KUB.

“Selama ini kami juga sudah terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sosial lintasagama dan lintasorganisasi masyarakat,” ujarnya.

Launching Kelurahan Purbalingga Kulon Sebagai Miniatur Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Purbalingga secara simbolis ditandai dengan pelepasan puluhan balon warna-warni ke angkasa. Kepala Kankemenag Purbalingga Karsono melakukan pengguntingan tali puluhan balon yang diikat menjadi satu dan dipegang oleh para tokoh agama dan perwakilan ormas keagamaan yang hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut menjadi simbol sekaligus harapan agar persatuan umat-umat beragama yang diikat dalam sebuah simpul kerukunan tersebut dapat segera berkembang pesat ke berbagai daerah. (sar/bd)