Kakankemenag Sampaikan Konsep Moderasi Beragama kepada Sejumlah Guru MTs

Rembang (MTsN 1 Rembang) – Salah satu upaya mengembangkan profesionalitas kerja bagi seorang guru adalah dengan mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jum’at (29/10) bertempat di MTsN 1 Rembang diselenggarakan PKB oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Kegiatan tersebut dihadiri beberapa guru dari Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta Se-Kota Rembang.

Kegiatan yang mengambil tema Toleransi Dalam Keberagaman tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Rembang, H. M. Fatah. Dalam sambutannya Baequni menyampaikan, peluang meraih pembelajaran yang bermutu dan lebih baik dapat dicapai apabila penunjang dalam pembelajaran tersedia. Seperti karakteristik siswa, karakteristik madrasah dan guru, gedung penunjang, perpustakaan, laboratorium, studio pembelajaran, dan lainnya.

“Ada tiga hal yang mempengaruhi karakterisitik guru seperti jenis kelamin, lamanya belajar, dan pelatihan yang diikuti. Pendidikan lebih tinggi mungkin akan lebih kompeten. Tidak menutup kemungkinan guru S1 dengan banyak pelatihan tidak kalah kompeten dibanding dengan yang S2,” ujarnya.

Moderasi Beragama

Dalam pelaksanaan MGMP tersebut, M. Fatah juga berharap program yang dijalankan terlebih dahulu dirancang dengan matang dan dipolakan sehingga dapat menambah pengetahuan dan kemampuan peserta MGMP.

“Bangun jiwa dalam MGMP, karena kebenaran itu tetap tetapi terkadang caranya berbeda. Toleransi adalah bagaimana cara kita bergaul dengan antarumat beragama, yang kita bangun dengan substansi,” pungkasnya.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Rembang, H. Nur Kholis memberikan materi mengenai Kebijakan Kementerian Agama tentang PKB. Ia menegaskan, Guru Profesional menurut UU No. 14 Tahun 2005 adalah yang minimal berijazah S1, memiliki sertifikat pendidik, memiliki kompetensi, pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial serta sehat jasmani dan rohani.

Kepala MTsN 1 Rembang, H. Imam Suyono mengungkapkan dukungannya atas pelaksanaan PKB MGMP di  MTsN 1 Rembang.

“Saya mendukung sepenuhnya pelaksanaan PKB MGMP MTs Kabupaten Rembang.  Semoga dengan diadakan PKB MGMP ini dapat meningkatkan kualitas guru MTs Kota Rembang secara umum dan guru MTsN 1 Rembang pada khususnya,” pungkasnya. – (budi)