Kankemenag Dukung Siswa MI ikuti Apresiasi Sastra Tingkat Nasional

Purbalingga – Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menerima kehadiran Hanna Faiha Sabiqoh, siswi kelas V MI Negeri 1 Purbalingga yang menjadi duta kabupaten Purbalingga dan Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Penulisan Artikel Ilmiah Sekolah Dasar Tahun 2017, Rabu (25/10).

Selanjutnya memberikan pembekalan dan melepasnya untuk mengikuti kegiatan Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar Tahun 2017 di Hotel Bogor Icon and Convention yang akan diikuti oleh para utusan perwakilan dari 21 propinsi di Indonesia.

Kehadiran Hanna yang didampingi Kepala MIN 1 Purbalingga, Sugeng Riadi dan tenaga pendamping yang sekaligus ibunya,  Riadhotus Sofiyah diterima oleh Plt. Kepala Kankemenag, Ahmad Muhdzir dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Ratmono di Ruang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga.

Ahmad Muhdzir menyampaikan apresiasi dan harapan, baik kepada Hanna maupun pendampingnya, Sofi.

“Atas nama kantor, kami ucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih, semoga dalam lomba berikutnya bisa mewakili Jawa Tengah berprestasi membawa nama baik Purbalingga juga di tingkat nasional, “ ungkap Muhdzir.

Muhdzir juga berpesan agar Hanna bersemangat, tidak minder dan dengan percaya diri mau menunjukkan kemampuannya. Selain itu juga kepada pendampingnya, Sofi ia berpesan agar bisa menciptakan suasana yang kondusif agar selama kegiatan berlangsung (26 -29 Oktober)  Hanna tetap bersemangat, tetap enjoy dan bisa tampil dengan baik.  Apalagi dari 29 peserta jenjang SD/ MI Hanna merupakan satu-satunya utusan Jawa Tengah yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah.

Dalam kesempatan tersebut Ahmad Muhdzir atas nama kantor Kementerian Agama juga menyerahkan bantuan uang saku kepada Hanna sebagai wujud dukungan atas prestasi yng telah diperoleh dan perjuangannya kembali ke jenjang yang lebih tinggi.

Riadhotus Sofiyah Ibu Hanna saat diwawancarai menjelaskan bahwa anaknya memperoleh kesan yang mendalam tentang pengalamannya ketika mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Matematika dari tingkat kecamatan hingga meraih Juara III di tingkat kabupaten. Pengalaman tersebut dituangkan dalam tulisan sebanyak dua setengah halaman yang mengantarnya pada acara Apresiasi Sastra Siswa Sekolah Dasar Tahun 2017 di Hotel Bogor Icon and Convention, Kota Bogor Jawa Barat.

“Awalnya saya mendapat kiriman di Whatsapp tentang pengumuman lomba Penulisan Artikel Ilmiah tersebut. Lalu anak saya besedia mengikuti, dengan bekal pengalamannya dalam lomba KSM sampai juara di tingkat kabupaten Purbalingga, peringkat ketiga. Maka dibuatlah judul cerpennya Matematika, Yes !  Alhamdulillah bisa masuk nominasi dan maju ke tingkat nasional,” ungkapnya. (sar/gt)