Kankemenag Kab. Wonosobo Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Wonosobo – Peringati hari lahir Pancasila, Kakankemenag Kab. Wonosobo beserta Kasi dan penyelenggara serta ASN Kankemenag Kab. Wonosobo ikuti upacara hari lahir Pancasila secara virtual di ruang aula Kankemenag Kab. Wonosobo pada hari Selasa, (01/06) dengan menerapkan protokol Kesehatan.

Dalam sambutan dan amanatnya, Pesiden RI Joko Widodo mengajak masyarakat untuk nersatu, saling peduli, dan selalu berbagi untuk kemajuan negeri, terutama di tengah pandemi virus Corona. Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi bangsa pada tahun ini dan tahun depan tidaklah mudah, mengingat status pandemi masih mewabah. Ia katakan bahwa untuk menghadapinya dibutuhkan daya juang seluruh komponen bangsa,

“kita tidak sendirian, 215 negara di dunia berada dalam kondisi seperti kita, semua dalam kesulitan. Kepala Negara optimistis Indonesia bisa menjadi pemenang, baik dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya. Untuk itu, Indonesia tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi dan berprestasi,” jelas Presiden.

Presiden Jokowi juga sampaikan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk memperkokoh persatuan bangsa, “sudah saatnya Indonesia menunjukkan diri sebagai bangsa yang kuat yang dapat memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan,” imbuhnya.

Sementara itu, usai mengikuti serangkaian kegiatan secara virtual, Kakankemenag Kab. Wonosobo dihadapan seluruh jajarannya yang hadir menyampaikan, Indonesia merupakan sebuah negara yang komlek dengan keanekaragaman yang mungkin tidak akan ditemukan pada negara lain. Berada di tengah-tengah keberagamaan tersebut, Pancasila hadir menyatukan dan memperkuat kebersamaan dalam perbedaan,

”Pancasila sebagai falsafah negara maupun ideologi negara berarti bahwa wawasan dan nilai yang terkandung secara kultural tertanam dalam sanubari serta kepribadian yang menggambarkan kebiasaan perilaku dan kegiatan masyarakat Indonesia serta menjadi pemersatu bangsa,” ungkap Farid.

Ia menambahkan, Pancasila merajut keragaman negeri menjadi hazanah keindahan, dan sungguh Pancasila itu telah menyatukan berbagai perbedaan,”selamat dan sukses Bangsa Indonesia di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 yang diperingati hari ini 1 Juni 2021,” tandasnya.

Selanjutnya, Kasi PAIS Fakih Khusni usai mengikuti acara Virtual berbincang dengan kasi lainnya mengatakan, bahwa kita semua sebagai penerus bangsa, wajib untuk selalu meneruskan cita-cita dari pendiri bangsa ini, “menjadi bangsa terbaik dengan nilai-nilai mulia Pancasila yang tercermin pada setiap sikap dan tindakan dalam kehidupan berbangsa. Pancasila bukanlah suatu legenda yang diwariskan untuk generasi berikutnya,” kata Fakih. Ps-ws