Kemenag Karanganyar Gelar Sosialisasi Aplikasi Rapor Digital Madrasah

Karanganyar – Menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI Nomor : 1594/DJ.I/DT.II.I/KS.00/10/2018, tanggal 29 Oktober 2018 tentang penggunaan Aplikasi Rapor Digital Madrasah, Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi Rapor Digital (ARD).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor ini diikuti 100 operator ARD Madrasah se Kabupaten Karanganyar, (22/11). Hadir sebagai narasumber kegiatan Pengawas Madrasah, Rosyat Munir dan Staf Seksi Penma, sriyatno.

Staf Seksi Pendidikan Madrasah, Sriyatno yang menjadi narasumber dalam sosialisasi ARD ini mengatakan bahwa aplikasi ARD Madrasah diterapkan mulai semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Oleh karenanya madrasah harus  mengisi data pada aplikasi tersebut dengan valid.

“Aplikasi Rapor Digital merupakan aplikasi baru untuk peserta didik yang menggunakan kurikulum 2013. Pemberlakukan ARD ini dilakukan secara serentak mulai semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 di semua madrasah di bawah naungan Kemenag sehingga data yang diisikan harus valid.” Ujar Sriyatno.

Lebih lanjut Sriyatno mengatakan bahwa Kemenag yang dalam hal ini Seksi Pendidikan Madrasah siap membantu apabila ada operator madrasah yang merasa kesulitan dengan Aplikasi ARD tersebut. Lebih jauh Ia mengatakan bahwa Aplikasi ARD melibatkan banyak aktor, mulai dari Kemenag, Operator Madrasah hingga Guru Madrasah.

“Aplikasi ARD ini melibatkan banyak aktor, mulai dari Kemenag, Operator Madrasah hingga Guru Madrasah. Apabila ada persoalan silahkan hubungi kami di Seksi Penma, akan kita bantu sebaik-baiknya.” tambahnya.

Aplikasi ARD dapat diakses melalui laman http://sikurma.kemenag.go.id/ard/. Pada tanggal 26 s.d. 30 November 2018 akan mengalami maintenance untuk proses penambahan beberapa fitur baru diantaranya fitur upload nilai untuk lebih memudahkan madrasah saat upload pada aplikasi ARD. Agar pembagian rapor semester ganjil TP 2018/2019 dapat dilaksanakan tepat waktu. (ida-hd/bd)