Kemenag Pati Beri Penghargaan Juara KSM Tingkat Kabupaten

Kemenag Pati Beri Penghargaan Juara KSM Tingkat Kabupaten

Pati – Sebanyak 33 Peserta dari Jenjang MI/MTs dan MA menerima penghargaan berupa Piagam, Piala dan uang pembinaan dari Kantor Kementerian Agama Kab. Pati yang diserahkan secara bergantian, diawali oleh Kepala Kemenag Pati, Kasubag Tata Usaha, Kasi Penmad, serta segenap Pengawas Madrasah, bertempat di halaman kantor setempat dengan Protokol Kesehatan Covid 19 menggunakan Masker dan Jaga Jarak, Kamis Pagi (16/9/2021).

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan siswa-siswi madrasah meraih juara terbaiknya diajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Pati Tahun 2021 dimana peserta yang meraih juara I, II dan III masing masing bidang studi mata pelajaran akan kembali berlaga di KSM Tingkat Provinsi Tahun 2021 pada 18 – 20 September 2021.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pati Ali Arifin dalam sambutan arahannya turut menyemangati para peserta KSM yang berhasil menyandang juara di tingkat kabupaten. “Teruskan perjuangan, kami yakin semua juara memiliki bekal pengetahuan yang mumpuni dibidangnya masing-masing,” ungkapnya

Meski ditengah pandemi Covid-19 ternyata Para Tenaga Pendidik masih termotivasi bersemangat membina peserta didik kita di Madrasah hal tersebut terlihat di ajang KSM Tahun 2021 Tingkat Kabupaten/Kota Se Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat kepada Para Peserta Didik Tingkat MI, MTs dan MA yang telah mendapatkan Juara pada KSM Tingkat Kabupaten, Masih banyak Etape yang harus kita lalui untuk menuju ke tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional dengan harapan kesungguhan anak anak ku sekalian dengan upaya serta doa mudah mudahan kabupaten Pati dapat mengukir prestasi di tingkat Nasional pada KSM tahun ini,” pintanya.

“Sebagai salah satu bentuk untuk memperlihatkan kemampuan kita di Kabupaten lain dan Provinsi lain bahwa kabupaten Pati dapat mengukir prestasi yang luar biasa, harapan ini bukan sekedar harapan dari Madrasah tapi ini merupakan harapan dari seluruh keluarga Kementerian Agama Kab Pati,” ungkap Ali Arifin.

Maka dari itu saya meminta dukungan dan kerjama sama Para Kepala Madrasah mari kita berikhtiar yang dilakukan dengan di barengi Doa. dan Mulai hari ini terkhusus buat para peserta didik munculkan jiwa dan pikiran bahwa nantinya saya berkompetisi membawa nama kabupaten Pati bukan lagi membawa nama madrasah.

“Kami berharap para peserta yang meraih juara 1, 2, dan 3 untuk dapat melakukan persiapan yang matang guna menghadapi ajang KSM di tingkat provinsi dan mampu sampai di tingkat nasional,” ujar pimpinan yang penuh humanis ini diakhir arahannya.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Pendidikan Madrasah Ruhani saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa KSM tahun 2021 ini terlaksana dengan lancar. Kendala yang ditemui saat uji coba KSM seperti beberapa peserta tidak bisa login, tidak ditemui dalam pelaksanaan KSM.

“Alhamdulillah KSM berjalan lancar tidak ada kendala yang ditemui saat uji coba maupun pelaksanaan,“ ujarnya

Dijelaskannya, KSM bertujuan untuk meningkatkan daya saing pendidikan, dan diharapkan dapat memacu kualitas madrasah. Ada beberapa mata pelajaran yang diperlombakan yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi kepala madrasah yang memberikan fasilitas kepada anak-anak mengikuti kegiatan ini,” pungkasnya. (at)