MAN 1 Sragen Adakan Bakti Sosial dan Rintis Perpustakaan Desa

Sragen-Meriah dan penuh manfaat, demikian kesan yang didapatkan saat MAN 1 Sragen menggelar kegiatan untuk memeriahkan ulang tahun madrasah atau milad yang diadakan di Banyurip, Jenar, Sragen, Sabtu (18/09). Kegiatan yang diadakan adalah pemberian paket sembako bagi warga yang membutuhkan serta rintisan perpustakaan desa.

N Agus Ali M, Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas mengungkapkan tujuan kegiatan ini selain untuk menjalin silaturahmi juga sebagai ajang untuk mendekatkan madrasah di masyarakat. “Kami berharap melalui kegiatan ini kita bisa memfasilitasi secara langsung sesuatu yang dibutuhkan di masyarakat, serta diharapkan generasi penerus kedepan dapat memperoleh wacana keilmuan meskipun dengan segenap keterbatasan,” ungkapnya

Pada kegiatan tersebut disalurkan 200 paket sembako dan pakaian pantas pakai. Untuk rintisan perpustakaan desa, MAN 1 menyerahkan puluhan buku. Bantuan tersebut didapatkan dari sumbangan sukarela dari beberapa pihak seluruh elemen madrasah yang kemudian dikumpulkan untuk mendukung program madrasah tersebut.

Pemberian bantuan disampaikan langsung oleh Windrati selaku kepala madrasah kepada perwakilan warga. Selain ditujukan kepada warga sekitar madrasah, kegiatan ini memilih lokasi yang lumayan jauh dengan  tujuan untuk lebih mengenalkan madrasah di desa yang selama ini dipandang masih sangat membutuhkan dan sedikit terpinggirkan, dan kebetulan lokasi tersebut terdapat beberapa siswa madrasah yang berasal dari kalangan kurang mampu .

“Sengaja tempat kegiatan ini kami ambil di lokasi yang cukup jauh dan pelosok. Kami maksudkan agar manfaat benar-benar dirasakan. Selain itu daerah ini masih butuh pengenalan adanya madrasah, sekolah yang berbasis agama” KATA Windrati dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu pula, Windrati memberikan apresiasi pada seluruh pihak yang berperan hingga suksesnya kegiatan tersebut. Windrati mengatakan “Maturnuwun semuanya, kita tentu yakin bahwa dengan sedekah akan mendatangkan banyak fadhilah diantaranya adalah menghapus dosa, mendatangkan barokah, menolak balak, dan tentunya berpahala.

Siswanto selaku tokoh masyarakat yang mewakili kepala desa Banyurip berterima kasih kepada madrasah yang dengan sukarela memberi bantuan tersebut. “Bantuan tersebut akan sangat berarti bagi warga kami yang saat ini tengah terpuruk karena pandemic, demikian juga dengan rintisan perpustakaan nanti kedepan bias semakin baik dan menambah pengetahuan kami”, ungkapnya. Terakhir Siswan juga mendoakan madrasah supaya senantiasa suskes dan selalu diberikan keberkahan di masa depan. (wvz)