Kemenag Pati Gelar Pelatihan Kaderisasi Qori/Qoriah

Pati – Kementerian Agama Kabupaten Pati bekerjasama dengan IPQOH Kabupaten Pati, Ahad (25/02/2018) mengadakan pelatihan kaderisasi bagi para ustad/usdzah, qori-qoriah dan hafidz/hafidzah di PP Shofa Azzahra Gembong Pati.

Kegiatan yang bertemakan Bacalah Qur’an dengan Tartil, ajarkan dan Da’wahkan kepada orang lain, Amalkan dalam kehidupan sehari-hari ini dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Imron, Gara Syariah Muslihan, Kepala KUA Kecamatan Gembong Moh. Aksin, Ketua Ipqoh Nur Fanani, dan diikuti oleh 15 orang pengurus Ipqoh Kabupaten Pati serta siswa dan santri PP Shofa Azzahra Gembong Pati.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam ilmu-ilmu Al Qur'an seperti tafsir, tajwid, makhrojul huruf,fasohah dan diselingi dengan irama irama bayati, soba, hijas, syika, ros, jiharka, nahwan," jelas Ketua IPQOH Pati Nur Fanani.

 

Selain itu, dengan kegiatan ini diharapkan Al Qur'an bukan hanya dibaca saja tetapi diamalkan dalam kehidupan sehari-sehari, sehingga perilaku sesuai dengan Al Qur'an dan sunah Nabi Muhammad SAW, jelasnya.

Sementara itu, Dalam sambutan pengarahan Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Imron mengatakan, Kedepan Pengurus Ikatan Persaudaraan Qari-Qari`ah dan Hafidz-hafidzah (IPQOH) Kabupaten Pati harus mencurahkan perhatian penuh kepada pendidikan Al Qur`an, tidak semata-mata untuk kepentingan mempersiapkan Qori`ah atau Hafidz/ah dalam MTQ atau STQ, katanya.

Selain itu, Kemenag Pati siap menyumbangkan dana dan bersinergi dengan IPQOH, imbuhnya.

Diharapkan IPQOH Kabupaten Pati agar mengedepankan bobot dan efektivitas program dibanding banyaknya program, tapi tidak bisa dan mampu dilaksanakan,”tandasnya. (Athi’/bd)