Kenakan Pakaian Adat, Pegawai Kemenag Demak Ikuti Jalannya Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2021

Demak – Seluruh pejabat struktural beserta pegawai Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Demak tanggal 1 Juni 2021 kemarin mengikuti jalannya upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan mengenakan pakaian adat.

Sebagaimana Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila No. 4  tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, bertepatan hari Selasa seluruh pegawai Kankemenag Kab. Demak bersama-sama mengikuti jalannya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila melalui kanal Youtube di  aula Kankemenag.

Tidak seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan peringatan tahun ini ada hal yang berbeda dan sangat  menarik, yaitu semua peserta  mengenakan pakaian adat. Ibu-ibu mengenakan kebaya sedangkan para bapak mengenakan pakaian adat Jawa seperti beskap ataupun lurik. Hal ini sesuai instruksi Kepala Kantor, Ahmad Muhtadi yang disampaikan pada apel pagi Senin kemarin, sebagai tindak lanjut atas surat edaran dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila sendiri secara nasional dipusatkan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri Jakarta. Bertindak sebagai inspektur upacara Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Jalannya upacara diikuti pula secara virtual oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin dan para pejabat tinggi lainnya, serta dapat diikuti  secara umum oleh masyarakat melalui siaran langsung di kanal Youtube, laman Facebook dan Instagram Badan Pembinaan Ideologi Pancasila serta siaran langsung TVRI.

“Peringatan hari lahir Pancasila harus benar-benar mengukuhkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa dan bernegara,” demikian salah satu kutipan pidato yang disampaikan Joko Widodo pada upacara kemarin. Hal ini selaras dengan tema peringatan tahun ini, “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu Indonesia Tangguh.”

Peringatan Hari Lahir Pancasila juga disaksikan oleh seluruh pegawai PNS dan Non PNS Jajaran Kankemenag Demak yang diselenggarakan di lingkungan kerja masing-masing, baik di KUA , madrasah negeri ataupun madrasah swasta.

Penyampaian Piala Lomba Penyuluh Teladan

Sementara itu usai mengikuti jalannya upacara, dilanjutkan acara tambahan berupa penyampaian piala lomba Penyuluh Teladan tingkat Kab. Demak tahun 2021 untuk kategori Penyuluh Agama Islam Fungsional dan kategori Penyuluh Agama Islam Non PNS.

Adapun para pemenang dalam lomba tersebut secara berurutan mulai dari juara 1 samapai dengan juara 3 adalah sebagai berikut :

Kategori Penyuluh Agama Fungsional :

  1. Mahbub, S.Ag (delegasi KUA Kec. Karangawen)
  2. Junatul Hasanah, S.Sos.I (delegasi KUA Kec. Mijen)
  3. Solikul Hadi, S.Ag (delegasi KUA Kec. Dempet)

Kategori Penyuluh Agama Non PNS

  1. Wachid Su’udi (delegasi KUA Kec. Wedung)
  2. Emil Salim (delegasi KUA Kec. Karanganyar)
  3. Rizqi Aditya (delegasi KUA Kec. Wonosalam) (ms/qq)