Kepala Kankemenag Karanganyar Serahkan Bantuan Baznas Kepada UMKM & Fakir Miskin

Karanganyar – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad  mewakili Bupati menyerahkan bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada fakir miskin dan pelaku usaha kecil menengah. Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan dalam kegiatan Sarasehan Baznas yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, (30/10).

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag mengatakan bahwa yang boleh mengambil zakat adalah amil yang dibentuk oleh Pemerintah, dan dalam UU No 23/2011 ditegaskan bahwa yang mengambil itu adalah Baznas, baik Baznas pusat, provinsi maupun daerah.

“Karena sekarang ini eranya adalah keikutsertaan/partisipasi peran masyarakat, maka dibuka kesempatan masyarakat untuk membentuk lembaga amil zakat (LAZ), namun LAZ dibentuk berdasarkan verifikasi dan rekomendasi dari Baznas dan membuat pertanggungjawaban kepada Baznas,” kata Musta’in.

Lebih lanjut, Kepala Kemenag mengatakan bahwa karena banyak masyarakat yang ingin membantu memberdayakan zakat, maka tugas Baznas bertambah untuk membina Amil-amil zakat ditempatnya masing-masing, dengan demikian hal tersebut akan lebih memberdayakan umat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pimpinan Baznas selain punya tugas untuk mengumpulkan, mentashorufkan dan mendayagunakan zakat, juga memiliki tugas untuk membina lembaga amil zakat yang dibentuk oleh masyarakat,” tambah Musta’in.

Sementara itu, salah satu pimpinan Baznas, Iskandar mengatakan bahwa Baznas Karanganyar sudah melakukan berbagai upaya dan terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan umat. Salah satunya dengan pemberian bantuan dan santunan bagi para pelaku usaha kecil menengah (UMKM) serta warga yang tertimba musibah dan fakir miskin.

“Untuk pelaku usaha kecil diberikan batuan peralatan produktif berupa gerobak hik dan santunan pangan seumur hidup sejumlah 1270 fakir miskin”, tuturnya.

Ditambahkannya bahwa selain bantuan UMKM dan santunan juga diberikan bantuan kepada warga yang terkena bencana alam, salah satunya warga daerah Jatiyoso yang rumahnya kebakaran.  Pada kesempatan tersebut juga disampaikan perolehan Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) Baznas Karanganyar untuk bulan Oktober 2017 hampir mencapai satu miliar rupiah.

“Saat ini perolehan ZIS terkumpul sebesar Rp 939 juta dengan rincian zakat  Rp 898.309.000,- dan infak Rp 41.000.000,-,” terangnya. (ida-hd/Wul)