Kualitas Penghulu Harus Ditunjukkan

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menggelar pembinaan penghulu yang diikuti 30 peserta dari unsur  penghulu dan perangkat desa. Kegiatan digelar di Rumah makan Kampoeng Sawah Temanggung, Rabu (6/10).

Kepala Subbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Agus Lafif mengatakan dengan adanya revitalisasi KUA oleh Menteri Agama yang merupakan program utama Kementerian Agama, maka hal tersebut diharapkan dapat mengembalikan fungsi KUA yang bukan hanya tempat untuk nikah melainkan sebagai pusat layanan keagamaan bagi masyarakat.

KUA sebagai unit pelayanan publik memiliki posisi penting dalam hal pencitraan Kementerian Agama dimata masyarakat, maka dari itu program revitalisasi KUA yang dilaksanakan pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama, penguatan peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagaman, penguatan program dan layanan keagamaan, serta meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan dapat dilaksanakan secara optimal.

“KUA sebagai pusat layanan keagamaan, maka pelayanannya harus optimal karena seperti diketahui bersama bahwa KUA merupakan unit pelayanan yang memiliki posisi penting dalam pencitraan Kementerian Agama dimata masyarakat,” ungkapnya.

“Dengan adanya revitalisasi KUA ini mulai ada perubahan kearah yang lebih baik sebagai tanda bahwa kita ini dilirik, dilihat, diamati dan dinilai. Jadi kualitas para penghulu sudah harus ditunjukkan agar dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat,” tambahnya.

Sementara Kasi Bimas Islam, H. Munsiri  menyampaikan  tujuan kegiatan pembinaan ini untuk meningkatkan kinerja penghulu dalam memberikan pelayanan pada masyarakat tugas dan fungsi penghulu, layanan revitalisasi KUA, dan digitalisasi layanan, serta moderasi beragama.

Munsiri menambahkan para penghulu harus terus mengasah kompetensinya karena menjadi tempat umat bertanya seputar masalah keagamaan sehingga kualitas dalam memberikan pelayanan pun menjadi lebih baik lagi, maka dari itu dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan pelayanan pada masyarakat maksimal termasuk administasi KUA yang harus diperhatikan dan mengacu pada regulasi terbaru dari pemerintah.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap peran dan kualitas penghulu dalam bekerja serta melayani masyarakat dilaksanakan dengan maksimal,” harapnya.(sr/rf)