Lihat Bakat Minat Siswa Baru, MTs Nurul Huda Banyuputih Gelar Kegiatan Pencarian Bakat

* Siswa MTs Nurul Huda Banyuputih sedang melakukan praktik passing bawah bola voly

Batang – Serangkaian kegiatan diikuti siswa siswi baru memasuki tahun ajaran 2021/2022. MTs Nurul Huda Banyuputih melaksanakan kegiatan pencarian bakat minat untuk siswa baru, dilaksanakan dua hari dengan rincian hari Rabu (18/08) untuk bidang seni meliputi pidato dan menyanyi dan hari Kamis (19/08) untuk bidang olahraga meliputi sepak bola, bola volly, sepak takraw, dan tenis meja.

Kepala MTs Nurul Huda Banyuputih Khorin dalam keteranganya mengatakan bahwa pihaknya selalu melakukan kegiatan pengembangan ketrampilan itu di awal tahun ajaran .

“Setiap tahun kami selalu melakukan kegiatan ini, untuk tahun ini karena kondisi pandemi tentu kita lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan,” Ucap Khoirin selaku kepala Madrasah.

Dia juga mengatakan bahwa selama dua hari sebelum siswa masuk ke lingkungan madrasah siswa harus melalui protokol kesehatan, mencuci tangan menggunakan sabun, cek suhu, dan tentunya harus memakai masker. Siswa juga diminta membawa bekal berupa air minum dari rumah. Khoirin juga menyampaikan  mengucapkan terimakasih kepada segenap panitia yang sudah sukses melaksanakan kegiatan bakat minat ini.

“Terimakasih kepada bapak ibu guru yang telah melaksanakan kegiatan ini sesuai rencana, alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancer,” katanya.

* Siswa MTs Nurul Huda Banyuputih sedang melaksanakan uji kemampuan dalam permainan tenin meja

Sementara itu penanggung jawab kegiatan Abdul Mufid menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjaring siswa dan siswi yang memiliki bakat tertentu, khususnya dalam bidang seni maupun olahraga, sehingga madrasah bisa menentukan arah pembinaan untuk siswa dan siswi yang berbakat. Selain itu, juga untuk memudahkan madrasah dalam mempersiapkan event yang membutuhkan keterlibatan siswa di dalamnya.

“ Hari pertama, siswa menunjukkan bakat mereka dalam bidang seni, ada dua cabang seni yang dibuka yaitu berpidato dan menyanyi, pidato bebas memilih bahasa yang digunakan, ada bahasa Indonesia, bahasa Arab, ataupun bahasa Jawa, sedangkan menyanyi siswa bebas memilih lagu sesuai dengan yang di sukainya. Untuk hari kedua, dilaksanakan bidang olahraga yang meliputi, sepak bola, bola volly, sepak takraw dan tenis meja,” jelas Abdul Mufid .

Dia juga menegaskan bahwa hasil seleksi bakat dan minat siswa baru dalam bidang seni dan olahraga itu menjadi data yang sangat penting bagi madrasah agar selanjutnya para siswa yang memiliki bakat itu selanjutnya akan dibina dan dikembangkan sesuai bakat dan minatnya agar mereka dapat memaksimalkan kemampuannya bahkan dapat berprestasi kedepannya. (Ulfa Dwi khasanah/Zy)