Maksimalkan Layanan BK Melalui Program Peminatan Siswa

Slawi – Dalam rangka membantu siswa menentukan arah peminatan di jenjang lebih tinggi baik baik MA, SMA maupun SMK  khususnya pada siswa kelas IX MTs Negeri Model Babakan  maka peran guru BK / Konselor sangat dibutuhkan untuk mengarahkan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya. Oleh karena itu pada Sabtu (20/01) MGMP Guru Layanan BK MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Tegal bekerja sama dengan Lembaga Psikologi Kartika Semarang menggelar kegiatan program peminatan bertempat di ruang kelas masing-masing yang diikuti seluruh siswa kelas IX.

Menurut Tri Setiyanti, selaku Koordinator Guru Layanan BK menyatakan, “Fungsi layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswa ini merupakan layanan penempatan dan penyaluran yang berupa Rekomendasi Peminatan sesuai dengan tahapan dalam Kurikulum 2013. Pelaksanaan program peminatan rutin kami adakan setiap tahun di awal semester genap. Alhamdulillah pada tahun ini biaya kegiatan ditanggung penuh oleh Madrasah yang bersumberkan dari BOS/DIPA Tahun 2018,” ungkap Tri.

Sementara itu Zainuri, selaku Pimpinan Lembaga Psikologi menambahkan, dalam hal peningkatan motivasi berprestasi bagi siswa yang akan melaksanakan ujian, dengan kegiatan pemintan siswa ini akan terlihat kekurangan dan kelebihan siswa. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan siswa tersebut diharpkan siswa dapat introspeksi dan memperbaikinya, sehingga dapat mencapai prestasi seperti apa yang diharapkan. Hasil kegiatan ini bisa digunakan sebagai tindak lanjut dalam proses bimbingan konseling serta salah satu cara untuk mendapatkan kesiapan dalam melaksanakan Ujian Nasional.

Pada kesempatan lain setelah mengikuti kegiatan tersebut, Muhammad Aufa Zidan salahsatu siswa kelas IX mengungkapkan, “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, setidaknya kami bisa mengetahui kemampuan dasar untuk dapat sukses menyelesaikan studi di MTs Negeri Model Babakan ini,” ungkapnya. (byrs/za/rf)