MAN Blora Gelar Pelantikan Bantara Pramuka Penegak Ambalan Diponegoro dan Cut Meutia

Blora (man) – Pramuka MAN Blora yang tergabung di Ambalan Penegak Diponegoro dan Cut Meutia Gudep 04.073/04.074 MAN Blora kembali menunjukkan eksistensinya dalam pembinaan dan kegiatan kepramukaan, dengan melaksanakan kegiatan Pelantikan Pramuka Penegak Tingkat Bantara. Kegiatan ini dilaksanakan kemaren ( 9-10)Mei 2018 di halaman madrasah Aliyah Negeri Blora.

Fandholin,  selaku Koordinator kegiatan pelantikan bantara mengatakan bahwa kegiatan ini sendiri merupakan prosesi pelantikan dan pengukuhan seorang Pramuka yang telah menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. SKU Penegak Bantara terdiri dari 23 point yang mengandung 5 (lima) unsur area pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik.

Kegiatan tersebut juga bertujuan meningkatkan kualitas Pramuka Penegak Ambalan Diponegoro dan Cut Meutia MAN Blora, dan  merupakan langkah awal seseorang yang tergabung di Gerakan Pramuka khususnya di Pramuka Penegak untuk memasuki dunia kepramukaan yang sesungguhnya.

“Mudah-mudahan para Pramuka yang telah dilantik dan dikukuhkan menjadi Pramuka Penegak lebih giat mengembangkan minat, bakat dan pengetahuannya di bidang kepramukaan salah satunya melanjutkan proses pendidikannya dengan mencapai Kecakapan lainnya baik itu Kecakapan Khusus (TKK) bahkan kalau bisa mencapai Pramuka Tingkat Laksana”, ungkap Kak Fandholin

Fandolin juga menandaskan bahwa Pelantikan tersebut diikuti sekitar 75 orang yang terdiri dari 20 (Panitia), 35 (Calon Bantara), 18 (DKA), dan 2 (OSIS).

Adapun Sebelum Prosesi Pelantikan dilakukan, Calon Penegak yang telah menyelesaikan SKU-nya terlebih dahulu melewati Sidang Dewan Kehormatan Penegak dan Prosesi Renungan Jiwa.. (ima/umi/bd)