MAN Rembang Harapkan Bantuan Rehabilitasi Melalui SBSN

Rembang – Madrasah sebagai lembaga pendidikan pilihan masyarakat sedianya memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Bangunan yang layak akan menciptakan kenyamanan bagi peserta didik selama mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Nurcholis ketika mengadakan monitoring UAMBN di MAN Rembang, pagi tadi (22/3). Nurcholis turut didampingi oleh Kepala Sub Bagian tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Mohammad Ali Anshory dan Kasi Pendidikan Madrasah, Jasim.

Nurcholis mengatakan, MAN Rembang perlu meningkatkan kualitas sarana dan prasarana karena bangunan sudah berumur lebih dari 10 tahun. Dengan adanya peningkatan kualitas bangunan, maka akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi peserta didik, beserta tenaga pendidik dan kependidikan.

Menganggapi saran dan pernyataan Nurcholis tersebut, Jasim menyampaikan, mulai tahun 2018, kankemenag Kabupaten Rembang akan mengupayakan usulan rehabilitasi banguann MAN Rembang melalui SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) kepada Dirjen Pendis. “Usulan ini akan difasilitasi  Kankemenag,” kaat Jasim.

Terkait sarpras, Ali Anshory mengatakan, kesiapan MAN Rembang mengikuti UNBK tahun 2017 bisa dijadikan modal untuk sosialisasi PPDB kepada SMP/MTs dengan meminjamkan Laboratorium Komputer untuk pelaksanaan UNBK SMP/MTs. “Ini ada upaya untuk mendapatkan siswa baru,” kata Ali Anshory.

Ali juga meminta kepada pimpinan lembaga untuk meningkatan SDM tenaga pendidik. Tujuannya, agar MAN Rembang memiliki prestasi akademik dan non akademik yang unggul, sehingga menjadi Madrasah harapan warga Rembang.

Lancar

Selama monitoring ini, pelaksanaan UAMBN berjalan dengan lancar.  “Secara umum pelaksanaan UAMBN dan USBN berjalan lancar, tertib, dan kondusif mulai dari peserta, penataan ruangan, kepengawasan serta kepanitiaan sudah bagus”, kata Nurcholis.

Muhammad Yunus Anis selaku Kepala MAN Rembang memberikan apresiasi yang positif atas kedatangan tim monitoring dari Kanwil maupun Kankemenag Rembang. “Saya berharap MAN Rembang bisa menjadi Madrasah harapan warga Rembang dengan segudang prestasi, sehingga visi dan misi MAN Rembang bisa terwujud optimal”, tandasnya. (Tejo/ss/bd)