Memotivasi Belajar Siswa, MTsN 2 Surakarta Lakukan kegiatan Outbond

Surakarta – Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, MTsN 2 Surakarta mengadakan kegiatan di luar kelas untuk refresing berupa outbond di Paradise Bali Sungai Ello Magelang, Sabtu (9/2).

Kegiatan tersebut diikuti beberapa guru pendamping beserta 240 anak didiknya dari kelas VIII dan IX program khusus. Sebelumnya, terlebih dahulu peserta didik mengikuti upacara pemberangkatan dihalaman madrasah, Bukori,Kepala MTsN Surakarta 2 dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan outbond ini merupakan bentuk pembelajaran di luar kelas.

“Anak-anakku semua, jangan dianggap outbond ini hanya sekedar main-main. Sebenarnya outbond ini juga merupakan pembelajaran yang dilakukan di luar madrasah. Jadi anak-anak harus bisa mengambil manfaat secara positif untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak-anak,” ungkap Bukori.

Agar kegiatan tersebut bisa berjalan maksimal, peserta dibagi menjadi 2 kegiatan utama, fun game  (permainan berkelompok) dan Rafting  (penelusuran) sungai Elo.

Tujuannya, untuk menumbuhkan rasa kebersamaan,kekompakan , dan tanggungjawab, Jenis permainan yang diikuti diantaranya gerak berkelompok, lempar tongkat, asah konsentrasi, dan ping pong dengan tali.

Memasuki acara inti, usai  fun game, peserta diwajibkan melengkapi tubuhnyha dengan helm, pelampung, dan dayung untuk diajak rafting , menyusuri Sungai Ello yang deras, dengan perahu yang sudah dipersiapkan, Puluhan perahu karet yang masing-masing  diisi enam peserta anak didik dan satu pemandu itu menyusuri sungai dengan panjang hampir 12 Km dengan waktu tempuh dua jam.

“Untuk menjalankan perahu dibutuhkan kerjasama yang baik dari tiap anggota kelompok, selain itu juga kekuatan dalam mendayung,” ujar salah seorang pemandu.

Menurut Wakil Kepala bidang Kesiswaan, Ali Badaruddin, outbond ini juga menjadi salah satu bentuk pendidikan karakter kepada peserta didik.

“Tidak hanya refresing, namun outbond ini juga menyelipkan pendidikan karakter kepada anak-anak. Kegiatan ini diharapkan mampu mengolah pikir dan fisik yang sangat bermanfaat bagi peningkatan motivasi belajar anak-anak,” pungkasnya. (shodiq-rma/bd)