Menuju Era New Normal, MTs N 1 Banjarnegara Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Banjarnegara – Saat ini Indonesia telah memasuki hampir satu tahun kondisi pandemi COVID-19 yang ditetapkan Pemerintah pada bulan April 2020 lalu melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai Bencana Nasional.

Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 untuk menuju era new normal, Guru serta karyawan Madrasah MTs N 1 Banjarnegara ikut sukseskan pelaksanaan Vaksininasi Covid-19 Pada Jumat (11/6).

Penyutikan Vaksin Covid-19 yang berlangsung di Puskesmas 1 Banjarnegara berjalan dengan baik dan lancar. Sebelum proses vaksinasi berlangsung, para guru serta karyawan MTs N 1 Banjarnegara terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan (Fase Screening) untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit peserta vaksin. Setelah dinyatakan sehat oleh petugas Dinas Kesehatan, barulah dilakukan penyuntikan Vaksin CoronaVac.

Kepala Badan POM mengungkapkan bahwa Vaksin CoronaVac, telah menunjukkan kemampuan dalam pembentukan antibodi di dalam tubuh dan juga kemampuan antibodi dalam membunuh atau menetralkan virus (imunogenisitas), yang dilihat dari mulai uji klinik fase 1 dan 2 di Tiongkok dengan periode pemantauan sampai 6 bulan.

Saat dijumpai di Puskesmas 1 Banjarnegara, Yuniyati, selaku Waka Kurikulum MTs N 1 Banjarnegara menjelaskan bahwa para guru serta karyawan yang mengikuti penyuntikan vaksinasi Covid-19 ini merupakan kegiatan tahap pertama.

“Kegiatan Vaksinasi hari ini  merupakan vaksinasi tahap pertama yang dikhususkan bagi tenaga guru, karena mereka akan bersentuhan langsung dengan siswa siswi nantinya” ungkapnya.

Linara selaku Waka Humas ditemui setelah vaksinasi mengatakan rasa bersyukurnya bisa mengikuti program Vaksinasi.

“Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi pertama untuk guru MTs N 1 Banjarnegara telah selesai. Selanjutnya untuk vaksinasi kedua akan dilaksanakan satu bulan lagi. Semoga dengan pelaksanaan vaksin ini dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 dan pembelajaran tatap muka bisa segera dilaksanakan,” ungkapnya.

Sarno, salah satu guru MTs N 1 Banjarnegara yang telah divaksin mengaku bahwa tidak ada keluhan apapun setelah mendapatkan suntik vaksin Covid-19 dosis pertama.

“Aman, saya rasa tidak ada keluhan apapun. Hanya saja di bagian lengan kiri sedikit pegal. Mungkin karena saya sedikit tegang, untuk efek yang saya rasakan setalah suntik vaksin, saya merasakan nafsu makan saya sedikit meningkat. Hal yang harus saya lakukan setelah mendapat suntikan vaksin ini adalah saya akan berkunjung ke kedai warung makan untuk mengisi asupan,” ungkapanya sambil bercanda.

Seluruh guru serta karyawan MTs N 1 Banjarnegara merespon positif dengan dilakukannya penyuntikan vaksinasi Covid-19 ini. Semoga pandemi ini segera berakhir dan dunia pendidikan bisa kembali seperti semula. (Risky/ak/rf)