Meriah , Haul Sunan Pojok Dengan Pengajian Dan Peresmian Bangunan Wisata Religi

BLORA – Event Haul Sunan Pojok Blora yang akan dilaksanakan mulai hari Senin depan (16/10/2017) hingga puncaknya Selasa (17/10/2017) akan berlangsung spesial. Pasalnya di tahun 1439 Hijriyah ini, pelaksanaan Haul bakal dibarengkan dengan peresmian proyek penataan kawasan Makam Sunan Pojok yang mulai dilakukan sejak bulan Juni lalu.

Berdasarkan keterangan Ketua Panitia Haul Sunan Pojok, Suryanto, ia menjelaskan bahwa peresmian penataan kawasan Makam Sunan Pojok oleh Bupati Djoko Nugroho juga akan dilaksanakan pada hari Selasa (17/10/2017) bertepatan dengan puncak Haul Sunan Pojok yang diramaikan dengan pengajian akbar.

“Tahun ini spesial, karena Haul bersamaan dengan peresmian kawasan Makam yang kini dilengkapi dengan pendopo joglo besar dan pembangunan pagar baru menyerupai bangunan candi kuno. Nantinya pelaksanaan pengajian akbar yang biasanya dilaksanakan di depan Masjid Agung Baitunnur juga akan digeser ke Jl.MR Iskandar, tepat di depan lorong Makam Sunan Pojok. Sehingga lebih menyatu dengan lokasi kawasan makam,” terangnya, kemarin.

Menurutnya, persiapan sudah dilakukan optimal termasukPemetaan lokasi untuk pedanag kaki lima (PKL) yang setiap tahunnya berjumlah hingga ratusan lapak dan berharap penyelenggaraan haul bakal lebih bermakna  dengan menyedot lebih banyak jamaah baik yang berziarah maupun mengikuti pengajian akbar.

Adapun berbagai kegiatan yang dilakukan dalam memperingati Haul Sunan Pojok antara lain berupa Khotmil Qur’an bin Nadlor dan Pembukaan Kelambu Makam Sunan Pojok, Senin 16 Oktober 2017 mulai pukul 20.00 WIB, Khotmil Qur’an bil Ghoib. Selasa 17 Oktober 2017 mulai 06.00 WIB – 13.00 WIB, Tahlil Umum bersama Forkopimda Blora dan Tausyiah oleh KH. Abdul Wahid dari Tayu Kab.Pati, Selasa 17 Oktober 2017 mulai 13.30 WIB – 16.30 WIB dan Peresmian Pembangunan Makam Sunan Pojok oleh Bupati dilanjutkan Pengajian Umum bersama KH. Agoes Ali Masyhuri dari Sidoarjo Jawa Timur

“Masyarakat sangat antusias mengikuti acara  tersebut, dan Mari kita ciptakan Blora yang sejuk, rukun, dan damai dalam acara Haul Sunan Pojok,” pungkasnya. (ima/bd)