Mertoyudan Siapkan Bibit Terbaik untuk MTQ Kabupaten

Mungkid – Untuk mempersiapkan kontingen berlaga di tingkat Kabupaten, kecamatan Mertoyudan menyelenggarakan seleksi Seleksi MTQ tingkat kecamatan di Komplek UPT Disdikbud Mertoyudan, Selasa, (20/03). Seleksi diikuti oleh 80 peserta dari semua cabang yang dimusabaqahkan.

Penyuluh Agama Islam  Fauzi Nurhadi melalui media sosial menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk riil kerjasama lintas sektoral KUA dengan Pemerintah Daerah untuk menyiapkan kafilah yang akan dikirim ke tingkat kabupaten.

“Seleksi MTQ tingkat kecamatan ini adalah kerjasama lintas sectoral KUA sebagai representasi  Kementerian Agama dengan Pemerintah Daerah. Camat dan Forkompincam hadir dalam kegiatan ini,” kata Fauzi.

Camat Mertoyudan Wisnu Harjanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peserta MTQ adalah manusia terpilih yang sangat berbeda dengan pelajar umum lainnya. Ia mengharapkan peserta dapat berkompetisi secara sportif dan siap menjaga jiwa Al Quran dengan istikomah sehingga tidak terpengaruh oleh hal-hal yang merusak jiwa.

“Untuk menjaga netralitas dan objektifitas seleksi, Dewan Hakim diambil dari praktisi di bidang Seleksi Tilawah Amirudin Nurusholih, JFU pada Seksi  Urusan Agama Islam Kantor Kemenag Kab. Magelang.

“Pada waktu yang akan datang diharapkan disiapkan lebih baik mengingat potensi yang bagus namun belum ada pembinaan secara intensif. Sukses MTQ ditentukan oleh sukses penyelenggaraan, sukses pembinaan, dan sukses pengiriman yang tertuju pada satu tujuan yaitu peningkatan prestasi,” kata Amirudin Nurusholih.

Cabang yang dilombakan dalam Seleksi MTQ terdiri dari cabang MTQ Pelajar Tartil Tilawah dan Tahfidz 1 juz, 5juz dan Tilawah Kelompok SD/MI,  SMP/MTs, SMA/SMK/MA, STQ Umum Tilawah Anak-anak Remaja dan Dewasa. Untuk Musabaqah Hifdzil Quran Pesantren Tahfidz 10, 20, dan 30 Juz.

Adapun hasil seleksi adalah sebagai berikut.

Lomba Tilawah SD/MI, Putra –  Muhammad Ibrahim Dzaky Fikruhu (SDN Deyangan I),  Putri –   Lutfiana Fatimah Az Zahra (SDN Pasuruhan 1), Lomba Tartil SD/MI, Putra –  Muhammad Muhyiddin Ulinnuha (MI Maarif Donorojo), Putri – Rumaysha Audya (SDIT BIAS)

Lomba  Tilawah SMP/MTS: M Yasin (SMP N 1 Kota Mungkid) dan Fatimah Khoirunnisa (SMPN2 Mertoyudan). Lomba Tartil SMP/MTS: Risardana(SMPN 1 Kota Mungkid) dan Zulfa Khasnamuna S (SMPN 2Mertoyudan).

Lomba Tilawah SMA/MA/SMK: Zidna Nabila Ainun N (MAN1 Magelang) dan Nurul Aini Fajri (MAN1 Magelang). Lomba Tartil: Ahmad Hilman Hafizhan (SMA Taruna Nusantara)dan  Evi Indra Cahyani (SMK Muh 2 Mertoyudan). Tahfidz 1 Juz dan Tilawah: Putri – Jihan Nabila (SMPN 1 Kota Mungkid), Lomba Tahfidz 5 Juz dan Tilawah: Aji Putra Sholeh (MAN 1 Magelang) dan Ardita Fatimah M (MAN 1 Magelang).

Lomba Tilawah Anak:  Achmad Ibnu Mubarok (Bondowoso) dan Iryasya Syifa M (Kalinegoro).

Tilawah Dewasa:  Lathoif Azizi Ahmad ( Bulurejo) dan Siti Badiatul M (Bulurejo), cabang Tahfidz 10 Juz Putri:  Rahma Dina Rahayu (PP Darunnajah Karet Bulurejo).

Dari cabang lomba yang ada, ada cabang yang tidak menghasilkan juara karena nilai tidak memenuhi standar. (fz/am/bd)