MI Se Kabupaten Sragen Laksanakan UABD

Sragen – Untuk mengukur kompetensi siswa MI sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen telah menetapkan pelaksanaan Ujian Akhir Bersama Daerah Madrasah Ibtidaiyah (UABD MI) pada 8 sd. 10 Mei 2017. Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Sragen, Irwan Junaidi menjelaskan bahwa UABD MI adalah salah satu jenis ujian akhir di MI. Tahun pelajaran 2016/2017 siswa MI yang mengikuti UABD sebanyak 1.563 siswa dari 70 MI.

“Pada tahun ini ujian akhir di MI terdiri 2 jenis yakni UABD dan Ujian Madrasah (UM). UABD terdiri dari Quran Hadits, Fikih, Akidah Akhlak, SKI dan Bahasa Arab, sedangkan UM terdiri dari PKN, IPS, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris dan BTA”, jelasnya.

Selanjutnya Irwan Junaidi juga menyampaikan bahwa untuk menjamin kelancaran pelaksanaan ujian berlangsung dengan baik, Kankemenag Sragen mengadakan pemantauan pelaksanaan UM dan UABD MI.

“Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan UABD yang baru pertama dilaksanakan ini, kami lakukan pemantauan ke semua MI, agar diketahui kebaikan dan kekurangan pelaksanaanya katanya.

Sementara itu Kepala MIN Karangjati, Siti Marwiyah mengapresiasi Kankemenag Sragen yang walau pertama dan dengan waktu yang tidak lama telah sukses mengkoordinir pelaksanaan UABD.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada Kankemenag Sragen, walau dengan persiapan yang tidak lama UABD dapat terlaksana.Pelaksanaan UABD pada hari pertama ini berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti, semoga sampai dengan berakhirnya UABD juga tidak ada kendala”, ungkap Marwiyah. (wiy/ir/Wul)