MIM Pesayangan Gelar Market Day Nutritious Foods

Purbalingga – Dalam upaya menumbuhkan jiwa Entrepreneurship pada siswa,  MIM Pesayangan – Purbalingga menggelar kegiatan Market Day Nutritious Foods di halaman madrasah setempat, Kamis (11/10). Hal tersebut disampaikan Kepala MIM Pesayangan, Afriyanto dalam komunikasinya kepada Humas Kankemenag Purbalingga.

“Market Day ini merupakan program baru, yang baru pernah ada di madrasah kami. Hal ini sejalan dengan penerapan kurikulum 13 yang telah diterapkan.  Peserta yang bertugas sebagai penjual dalam market day ini adalah siswa-siswi dari kelas 2, kelas 4 dan kelas 6. Sedangkan konsumen atau pembelinya adalah seluruh warga madrasah dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 termasuk guru dan orangtua/wali murid,”jelas Afriyanto.

Kegiatan Market Day yang dipusatkan di halaman madrasah secara resmi dibuka pukul 09.15 saat istirahat sekolah setelah kegiatan sholat dhuha. Seluruh warga madrasah baik guru, siswa – siswi maupun orang tua / wali siswa ikut berpartisipasi dalam tersebut.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan pada diri siswa sejak dini. Selaras dengan kehidupan para siswa sehari-hari di lingkungan MIM Pesayangan yang berada di kawasan home industry knalpot. Sehingga sangat relevan jika kegiatan ini dilaksanakan di madrasah yang diharapkan mampu menumbuhkembangkan bakat siswa untuk berwirausaha sebagaimana yang telah dijalankan oleh orangtua mereka,” tuturnya.

Dalam kegiatan market day ini, ada beberapa kemampuan atau keterampilan yang dapat ditumbuhkan. Pertama, siswa belajar keterampilan matematika.  Siswa – siswi dituntut untuk bisa menghitung. Baik menghitung harga barang yang dijual maupun jumlah uang kembalian dari barang yang dijual. Kedua, dalam kegiatan market day ini para siswa belajar keterampilan marketing. Karena mereka harus bisa menawarkan dan memasarkan barang dagangannya.

Selain keterampilan-keterampilan tersebut, ada beberapa nilai postif  lainnya yang diharapkan bisa tumbuh dalam jiwa para siswa di antaranya adalah percaya diri, pantang menyerah, kejujuran, dan ketelitian, tambahnya.

Aneka Jajanan Bergizi

Aneka jenis jajanan diperjualbelikan dalam kegiatan tersebut. Siswa Kelas 2 menjual Nasi Goreng, Bubur Kacang Hijau, Susu Kedelai, Nasi Rames, Mie Goreng, Cup Cake, Puding dll. Siswa Kelas 4 menjual Lontong, Bakwan, Mendoan dan Puding. Sedangkan siswa kelas 6 menjual Sosis Solo, Pisang Coklat, Puding dan Jasuke. Semuanya makanan bergizi (Nutritious Food) non-MSG dan tanpa bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi oleh konsumen. Selain itu murah meriah karena harganya berkisar antara Rp 500,00 sampai dengan Rp 2.000,00. (sar/gt)