Monitoring Hari Kedua Pelaksanaan UNBK Dan UNKP

Banyumas – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat Tsanawiyah mulai Selasa (2/5) secara serentak di laksanakan di Kabupaten Banyumas.

Untuk memastikan pelaksanaan ujian berjalan aman dan lancar, di hari kedua pelaksanaan UNBK/UNKP, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Mughni Labib, didampingi Kasi Penma, melakukan monitoring jalannya kegiatan UNBK/UNKP. Dalam memantau kegiatan ke MTs Maarif NU Patikraja di sambut langsung oleh Kepala Madrasah, Kuswandi. Kepada Kepala Kantor, Kuswandi melaporkan bahwa hari pertama pelaksanaan UNBK di Madrasahnya tidak mengalami kendala apapun.

Kunjungan dilanjutkan ke MTs Negeri Tambak, terdapat 197 siswa yang mengikuti UNKP. Hal ini disebabkan karena pihak madrasah belum memiliki fasilitas komputer yang memadai untuk melaksanakan UNBK sendiri. Tempat ujian yang digunakan sejumlah 20 ruang dengan jumlah peserta per ruangan maksimal 20.

Secara terpisah, Kasi Penma Ibnu Asaddudin menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan UNBK/UNKP tingkat Tsanawiyah  ini diikuti 50 madrasah negeri dan swasta. Tiga madrasah diantaranya menyelenggarakan UNBK, yaitu MTs Negeri Purwokerto, MTs Maarif NU 1 Jatilawang, dan MTs Maarif NU 2 Cilongok.

Total siswa yang mengikuti UNBK/UNKP tingkat Tsanawiyah tahun ini berjumlah 5240 peserta. Tempat pelaksanaan UNBK untuk sementara tidak berada di madrasah masing-masing tapi masih menginduk atau menumpang tempat di sejumlah MA/SMA/SMK. Untuk MTs Negeri Purwokerto meminjam tempat di MAN 2 Purwokerto, MTs Maarif NU 1 Jatilawang meminjam tempat di SMA Negeri Jatilawang, dan MTs Maarif NU 2 Cilongok meminjam tempat di SMK Maarif Cilongok.

Sebelumnya, rombongan Kakankemenag mendampingi Bupati Banyumas saat monitoring ke SMP Negeri 7 Purwokerto. Di sana, rombongan meninjau pelaksanaan ujian UNBK sesi 2 untuk mapel Matematika. Pelaksanaan UNKP secara serentak dilaksanakan mulai pukul 10.30 dan selesai pukul 12.30. (hk/bd)