MTs Kab. Kudus Ikuti Rakor Evaluasi dan Sosialisasi Teknis Simulasi 1 UNBK

Kudus – Jelang pelaksanaan Simulasi I Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  (Disdikpora) Kab.Kudus melaksanakan rapat evaluasi dan sosialisasi teknis pelaksanaan simulasi I UNBK. Pelaksanaan rapat dengan sejumlah pejabat dijajaran Disdikpora dan Kankemenag Kab.Kudus itu dihadiri seluruh kepala MTs dan SMP di aula SMK Negeri 1 Kudus, Rabu (8/11).

Sekretaris Disdikpora Kudus, Kasmudi dalam sambutannya mengatakan kegiatan rapat evaluasi dan sosialisasi tersebut dilakukan dalam rangka mengukur pencapaian peserta didik dan  mempertanggung jawabkan penyelenggaraan UN Tahun Pelajaran 2016/2017 serta mempersiapan simulasi UNBK  yang akan dilaksanakan mulai Senin 20 – 21 November 2017 dimana sebelumnya telah diawali dengan beberapa kegiatan pra simulasi yang terjadwal secara sistematis sejak pertengahan Oktober 2017 .

Pada kesempatan itu, Kasmudi dengan tegas mengatakan pihaknya sangat berharap kepada semua pihak untuk dapat mendukung pelaksanaan simulasi UNBK sehingga berjalan sesuai harapan dan sukses.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Su’udi yang ikut hadir dalam rapat evaluasi mengatakan dalam pelaksanaan simulasi UNBK ini diharapkan kepada semua pihak untuk tidak menyatakan tidak siap ketika ditanya, sebab hal tersebut merupakan agenda nasional yang harus betul-betul dipersiapkan secara matang. Selain itu Su’udi juga menyampaikan apresiasi pada MTs yang dalam pelaksanaan UNBK tahun kemarin menduduki grade yang sama dengan SMP. Prestasi tersebut hendaknya senantiasa ditingkatkan sebagai salah satu tolok ukur masyarakat dalam menilai kemajuan pendidikan di madrasah

“Jangan asal siap saja, madrasah peserta UNBK harus serius mempersiapkan diri. Meskipun belum ada jadwal pasti tentang pelaksanaan UNBK tahun depan, kegiatan simulasi ini harus betul-betul diikuti dengan sigap dan sungguh – sungguh ,”tegas Su’udi.

Selanjutnya terkait dengan UNBK, Su’udi menjelaskan bahwa tahun pelajaran 2017 / 2018 seluruh MTs se Kudus siap melaksanakan UNBK.  Hal tersebut berarti mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun kemarin dari 17 MTs peserta UNBK menjadi 65 MTs. (s2r/bd)