MTs N 1 Banjarnegara Siapkan PAT Secara Daring

Banjarnegara – Dalam mempersiapkan pelaksanaan ujian peserta didik kelas 7 dan 8 tahun ajaran 2020-2021, MTs N 1 Banjarnegara mengadakan rapat persiapan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap yang akan dilaksanakan sebentar lagi. Rapat dilaksanakan pada hari selasa, 24 Mei 2021 bertempat di aula MTs N 1 Banjarnegara dan diikuti oleh seluruh guru dan panitia ujian.

Dimulai pada pukul 13.00 WIB, Kepala Madrasah Moh. Zaenal dalam sambutan sekaligus arahannya menyampaikan evaluasi pembelajaran selama daring yang dilaksanakan di MTs N 1 Banjarnegara. Dalam sambutannya, beliau menyebut bahwa pelaksanaan PAT akan dilaksanakan pada tanggal 02 Juni sampai 08 Juni 2021 mendatang dengan cara siswa mengerjakan dari rumah dengan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh panitia ujian dalam pengerjaan PAT.

Terlepas dari itu, Kepala Madrasah juga menuntut para guru Madrasah khusunya MTs N 1 Banjarnegara untuk terus berinovatif dalam mengembangkan sistem pembelajaran dalam memasuki semester berikutnya untuk meningkatkan daya juang dalam mencapai prestasi.

“Dalam pembelajaran daring, guru dituntut memiliki kreativitas dan inovasi dalam proses pembelajaran, hal tersebut diperlukan agar peserta didik tidak jenuh saat mengikuti pembelajaran. Jika memang ada siswa yang selalu tertinggal atau bahkan sama sekali tidak mengikuti selama pembelajaran daring, guru atau wali kelas dapat melakukan Home Visit sebagai solusi agar mengetahui keadaan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran online”, lanjutnya.

Waka Bidang Kurikulum, Yuniyati. Dalam kesempatannya juga menyampaikan bahwa guru juga dituntut untuk mensukseskan program PAT agar semua siswa seluruhnya mengikuti PAT. “Untuk sukses kenaikan kelas dimuali sukses pengolahan nilai.  Semua permasalahan nilai baik kelas 7 dan 8, harus selesai semua. Mulai dari input nilai ARD serta nilai tugas. Kemudian, jika ada salah satu peserta didik yang memiliki masalah dengan nilai, cara menindaklanjuti nanti diidentifikasi. Mulai dari mendata nama-nama yang bermasalah dengan nilai dan tugas dan  kemudian langsung dilaporkan ke wali kelas dan peserta didik akan dibimbing melalui guru BK,” ujarnya.

Disisi lain, Yuniayati juga memberikan apresiasi kepada guru-guru MTs N 1 Banjarnegara dalam mencerdaskan para peserta didik. Terlepas dari itu, dalam mensukseskan peserta didik menuju PAT program home visit agaknya membuat anak-anak bisa tergugah lagi dalam mengikuti PAT.

“Intinya kami dari madrasah memohon, mari kita menyukseskan anak didik. Boleh berkerjasama dengan wali kelas, Guru BK. Semoga PAT yang akan dilaksanakan pada 08 Juni 2021 mendatang dimudahkan oleh alloh SWT. Amin,” tambahnya.

Disamping itu juga, Yuniyati mengingatkan kembali kepada para pembuat naskah soal agar segera menyelesaikan naskah soal, mengingat waktu pelaksanaan PAT sebentar lagi. Soal dibuat dengan beberapa ketentuan yang sudah disampaikan jauh-jauh hari melalui surat tugas. (Risky/ak)