MUI Kab. Magelang Agendakan Kegiatan untuk Menyejukkan Umat

Magelang – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Magelang merasa sangat  prihatin dengan kondisi umat dewasa ini. Ukhuwah Islamiyah yang seharusnya dijaga agar kuat sedang menghadapi cobaan sebagai imbas percaturan politik yang sangat dinamis. Bahasan tersebut menjadi topik utama dalam rapat koordinasi Pengurus MUI Kab. Magelang di Masjid An Nuur, Kota Mungkid, Jumat (10/02).

Hadir dalam rapat tersebut Ketua Umum MUI Kab. Magelang KH. Afifudin, Lc, Ketua KH. Tohari Syamhari, Sekretaris MUI KH. Chamami, dan anggota pengurus lainnya

Sebagai wadah ulama dan zu’ama’ di Kabupaten Magelang, MUI merasa terpanggil untuk berperan demi menyejukkan umat dengan mengagendakan kegiatan sebagai berikut.

Pertama, salah satu langkah yang disepakati adalah menyusun naskah khutbah Jumat dengan mengambil tema merajut kerukunan umat atau ukhuwah. Masing-masing pengurus diminta untuk menyusun naskah khubah Jumat yang nantinya akan dibahas bersama pada saat rapat atau musyawarah yang akan diagendakan secepatnya. Dengan harapan naskah yang akan diterbitkan dapat dibaca di masjid-masjid sehingga menumbuhkan pemahaman dan kesadaran bersama tentang pentingnya ukhuwah.

Kedua, dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat tentang hal-ihwal perwalian nikah dan kewarisan, MUI Kab. Magelang akan membuat leaflet tentang perwalian nikah dan waris.

Ketiga, kesediaan MUI untuk memenuhi permintaan Studio Radio Gemilang untuk mengisi siaran ceramah keagamaan dengan menjalin kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kab. Magelang untuk melibatkan Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam.

Pertemuan rutin MUI dimanfaatkan oleh pengurus untuk menyampaikan informasi, membahas kegiatan organisasi, dan persoalan terkini yang dihadapi umat Islam di wilayah Kabupaten Magelang atau dalam skala yang lebih luas. (fat/m45k/Af)