Mutasi Jabatan Harus Dimaknai Positif

Purbalingga – Mutasi Jabatan bagi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan hal yang biasa dan menjadi sebuah keniscayaan. Karena ASN adalah abdi negara sekaligus abdi masyarakat, sudah pasti harus mengikuti tata aturan pemerintah tanpa mengesampingkan apalagi meninggalkan kepentingan masyarakat. Maka mutasi jabatan harus dimaknai positif sebagai sebuah amanah baru yang harus dilaksanakan dengan penuh pengabdian sesuai dengan janji/ sumpah jabatan yang pernah diucapkannya. Hal ini menjadi inti pokok kegiatan dalam acara Lepas Sambut Kepala Madrasah dan Kepala Urusan Tata Usaha pada MTs Negeri 1 dan MTs Negeri 2 Purbalingga, Selasa (16/01).

Tampak hadir Kasi Pendidikan Madrasah, Sudiono, Pengawas MTs/ MA, Suratmo dan para pejabat yang menjalani mutasi jabatan. Kegiatan ini juga menghadirkan unsur Forkompimcam Bobotsari, Kepala MAN Purbalingga, Kepala KUA, Pengawas Pendidikan Agama Islam RA/BA/MI serta para pejabat di tingkat kecamatan lainnya. Kepala Desa Gandasuli, Komite MTs Negeri, Kepala SDN 1 Gandasuli, serta para Kepala SMP/MTs/SMA/SMK Negeri dan swasta se-Kecamatan Bobotsari juga turut diundang dalam kegiatan tersebut.

Kepala Kankemenag, Karsono dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan penting. Di antaranya terkait dengan tupoksi guru. “Guru harus mengajar dengan jiwanya, jika tidak maka bagaikan mayat yang ada di depan siswa,” ungkap Karsono penuh filosofi.

Memahami bahwa keberhasilan dunia pendidikan di Indonesia saat ini masih banyak bersandar kepada tenaga pendidik, Ia meminta agar para guru mampu membawa diri dan membawa hati para peserta didiknya dengan menggunakan berbagai metode yang menarik.

Terkait dengan pejabat yang menjalani proses mutasi Analis Kepegawaian, Khamimah menjelaskan ada 4 jabatan yang mengalami pergantian pejabat.

“Untuk Kepala MTs Negeri 1 Purbalingga dijabat oleh Drs. Mundirin, M.Pd.I yang sebelumnya menjabat Kepala MTs Negeri 2 Purbalingga. Sedangkan Dra. Siti  Mudrikah, M.Pd.I yang semula menjabat Kepala MTs Negeri 1 Purbalingga saat ini menjabat sebagai Kepala MTs Negeri 2 Purbalingga,” papar Khamimah.

Ia menambahkan untuk jabatan Kaur Tata Usaha MTs Negeri 2 Purbalingga telah diserahterimakan dari pejabat lama Afif Irianto kepada Mutasim Ridlo, S.Sos yang semula menjabat Staf pada Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Purbalingga. Afif Irianto selanjutnya menduduki jabatan baru sebagai Kaur TU di MAN Purbalingga. Sedangkan Kaur TU MAN Purbalingga sebelumnya, Khoeroni, S.Pd.I  saat ini menjabat sebagai Kaur TU pada MTs Negeri 1 Purbalingga.

Para pejabat lama dalam kesempatan tersebut saling memberikan sambutan, permohonan maaf atas kinerja mereka selama menduduki jabatan sebelumnya, memberikan apresiasi atas kerja sama dan prestasi para pendidik dan tenaga kependidikan yang ada serta permohonan doa dan dukungan agar lebih amanah dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. (sar/gt)