Nayla, Kalem Namun Sarat Prestasi

PENAMPILANNYA memang kalem. Tapi Nayla Ainiyyah, siswi SD Negeri 2 Karas Sedan adalah sosok putri yang memberikan kontribusi membanggakan bagi Kabupaten Rembang.

Nayla, begitu sapaan akrabnya. Berhasil memboyong Juara Harapan 3 MTQ SD Putri pada perhelatan Nasional Pekan Keterampilan dan Seni  Pendidikan Agama Islam  (Pentas PAI)  VIII Tahun 2017. Ajang lomba tingkat nasional ini diselenggarakan terpusat di lapangan Taman Shulthanah Shafiatuddin Banda Aceh dan berlangsung selama 9-14 Oktober 2017.

Keseriusan Nayla dalam menghafal Al-qur’an memang telah dimulai sejak balita. Dibimbing oleh ayahnya sendiri, Ustadz H. Jamaluddin, Nayla kini telah menghimpun dua juz hafalan AL-qur’an.

Dan suaranya yang merdu, ternyata mampu mengantarkannya menuju ajang MTQ pentas PAIS tingkat nasional. “Meski bukan juara utama, tapi perjuangannya selama ini tidak sia-sia, minimal bisa membawa pulang piala,” tutur Plt Kasi PAIS Kankemenag Rembang, Jasim.

Raihan juara itu bukan pantas didapatkannya. Lantaran Nayla merupakan sosok yang rajin dan istiqomah menghafal AL-qur’an. “Setiap hari, sehabis Subuh menjadi waktu wajib bagi Nayla untuk nderes dan setor hafalan kepada ayahnya,” tutur Maftuhah, Kepala SD N 2 Karas Sedan.

Nayla pun ternyata telah melanglang buana mengikuti berbagai perlombaan, dan berhasil memboyong piala kendati bukan juara pertama, mulai tingkat Kabupaten hingga nasional.

Beberapa prestasi yang diraih antara lain juara tartil MTQ  tingkat Provinsi Jateng, juara II FLS2N tingkat Kabupaten untuk cabang menyanyi. Remaja bertubuh mungil kelahiran 16 Agustus 2006 ini juga telah mewakili berbagai lomba hingga tingkat nasional, antara lain di NTB hingga Kalimantan Utara.

Maftuhah berharap, Nayla bisa terus menorehkan prestasi untuk semakin mengangkat nama baik Rembang. Nayla merupakan salah satu siswi yang bisa menjadi teladan bagi siswa-siswi lainnya untuk berlomba-lomba dalam mensyiarkan Islam melalui Al-qur’an. — ss/bd