Paduan Suara MAN 2 Tegal Memukau para Peserta Pelantikan dan Rakerda Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Tegal

Tegal (24/1), Setelah menyukseskan Upacara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-73, Paduan Suara (Padus) MAN 2 Tegal kembali dipilih untuk berpartisipasi dalam acara Pelantikan dan Rapat Kerja Daerah Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (Rakerda IPHI) Kabupaten Tegal Periode 2018-2023 yang bertempat di Gedung IPHI Kabupaten Tegal, Jalan Raya Selatan Banjaran Procot-Slawi Sabtu (19/01).

Setelah hanya beberapa kali, paduan suara MAN 2 Tegal tetap tampil maksimal. Lagu yang dinyanyikan adalah Indonesia Raya, Mars IPHI dan Hymne IPHI. Paduan suara yang dibimbing oleh Agus Purnomo dan Titik Lina Handaru ini pertama kali terbentuk dan tampil di tingkat Kabupaten pada Perigatan Hari Amal Bhakti ke 73 kemarin. Anggota paduan suara MAN 2 Tegal merupakan siswa-siswi yang memiliki potensi dan suara yang bagus. Tak hanya itu, para siswa pun terus diberikan motivasi dan semangat agar suara dan fisiknya tidak down hingga pelaksanaan walaupun tentunya ada saja kendala saat latihan.

Menurut Titik, kendala saat latihan antara lain tidak disiplinnya mereka dalam waktu latihan dan terkadang ada beberapa anak yang tidak serius.

“Untuk menangani kendala seperti itu biasanya kami menasehatinya dan terus memberikan arahan tentang pentingnya Paduan Suara di Madrasah,” tuturnya.

Tak hanya itu, madrasah juga mengundang pelatih suara dari luar agar hasilnya maksimal, tambahnya.

Rini yang merupakan pelatih paduan suara mengatakan, “Untuk melatih Paduan Suara MAN 2 Tegal tidaklah sulit karena masing-masing dari mereka telah mempunyai suara yang bulat” katanya.

Rini juga menambahkan, “Saya rasa untuk melatih mereka adalah persoalan yang mudah karena dari mereka sudah memiliki potensi suara yang bagus hanya saja belum bisa mengompakan suara, namun setelah berlatih kurang lebih enam kali, mereka sudah cukup bagus untuk ditampilkan”, tambahnya.

Selain mendapatkan pelatihan suara, mereka juga selalu mendapat arahan dari Agus untuk selalu menjaga suara agar selalu dapat dikontrol. Antara lain dengan menjaga pola makan seperti tidak makan gorengan, tidak minum es dan menjaga pola tidur mereka.

Salah seorang siswa Siti Indri Nur Azizah mengatakan dirinya sangat senang menjadi bagian dari paduan suara MAN 2 Tegal, “Di sini saya mendapatkan banyak ilmu tidak hanya tentang cara bernyanyi yang baik dan benar, tetapi kami dibina dan ditempa agar selalu menjaga kekompakan”, jelasnya.

Paduan Suara MAN 2 Tegal yang terdiri dari 26 siswa-siswi telah berhasil membuat seluruh tamu undangan terpukau kagum akan suara dan kekompakan yang ditampilkan.

Panitia pelaksana, Agus Subagyo menyampaikan terimakasih dan merasa sangat puas dan bangga kepada Paduan Suara MAN 2 Tegal yang telah ikut menyukseskan acara tersebut. (dhi/rnd)