Pagelaran Pensi Sebagai Ajang Kreativitas Siswa

SUKOHARJO – Suasana Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo nampak berbeda dari hari biasanya. Sejak pagi hari beberapa siswa nampak mengenakan kostum dan mondar-mandir menyiapkan segala sesuatu. Terdapat sebuah panggung disudut halaman lengkap dengan sound system. MIN 2 Sukoharjo memang menggelar sebuah kegiatan pentas seni (Pensi) dalam rangka milad madrasah yang ke 25. Kegiatan yang bertepatan dengan bulan bahasa tersebut digelar di Kampus 2 pada Jum’at (26/10/2018).

Pensi diisi dengan berbagai atraksi perwakilan dari setiap kelas. Perwakilan kelas 3,4 dan 5 didaulat untuk mengisi ajang tersebut karena bertepatan dengan lokasi pembelajaran yang di Kampus 2. Terdapat 16 penampilan kesenian yang disajikan seperti drama, gerak dan lagu, menyanyi, dan menari.

Semua peserta Pensi bersemangat dalam menampilkan kreativitas kelas masing-masing. Hal tersebut disampaikan Priyanto selaku koordinator kegiatan. Menurutnya, siswa sudah berlatih beberapa hari sebelumnya setelah pulang sekolah. “Seminggu ini semua peserta Pensi berlatih, ada yang di madrasah, ada yang di rumah salah satu siswa. Semua serius untuk bisa menampilkan yang terbaik,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala MIN 2 Sukoharjo, Danuri, mengatakan bahwa madrasah memberi ruang dan waktu kepada siswa untuk menyalurkan bakat dan kemampuan di bidang seni sehingga kemampuan siswa bisa terasah dengan baik. “Kegiatan serupa juga kami lakukan dua tahun sebelumnya di tempat yang sama. Tidak sedikit orang tua murid yang hadir untuk menyaksikan dan membantu anaknya untuk persiapan pentas,” ujar Danuri.

Lebih lanjut Danuri juga menjelaskan bahwa siswa dan orang tuanya menyambut positif dan mendukung kegiatan Pensi tersebut. Mereka mengharapkan kegiatan serupa dilaksanakan setiap tahun. “Beberapa kelas mengajukan untuk tampil dua kali, akan tetapi belum disetujui karena terbatasnya waktu dan harus bergantian dengan peserta lainnya,” imbuhnya di sela-sela kegiatan.

Masih menurut Kamad, tingginya semangat untuk tampil, kedepannya akan dilaksanakan secara akbar dengan melibatkan seluruh siswa mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 dengan memberi kesempatan kepada seluruh siswa yang menghendaki untuk mengisi Pensi. “InsyaAllah tahun depan akan kami laksanakan kembali secara menyeluruh dan tentunya melibatkan partisipasi dari orang tua siswa,” paparnya.(Pry/Djp/bd)