Peduli Masyarakat Terdampak Covid-19, Kemenag Kendal Tasyarufkan Zakat ASN

Kendal – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal mentasyarufkan zakat kepada masyarakat sekitar yang terdampak Covid-19. Penyerahan zakat berupa sembako secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, di aula KPRI Hikmah, Jumat (30/7).

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi kehidupan umat, tidak hanya pada aspek kesehatan, tapi juga ekonomi, pendidikan dan lainnya. Pandemi bahkan bisa berdampak pada meningkatnya jumlah kemiskinan. Sebagai rasa empati dan kepedulian terhadap masyarakat miskin terdampak covid – 19, Kemenag Kendal mentasyarufkan sebanyak 2.300 paket sembako yang akan disalurkan melalui penyuluh, KUA, Dharma Wanita Perstuan (DWP) dan ASN.

“Kami menggandeng penyuluh agama, KUA dan juga DWP untuk penyerahan bantuan ini agar pemanfaatannya lebih meluas dan merata,” ujar H. Mahrus.

Dalam penyerahan zakat ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, H. Mahrus berharap bantuan yang tidak seberapa ini akan sedikit meringankan kebutuhan masyarakat terdampak Copvid-19.

“Ini merupakan bentuk kepadulian ASN Kemenag untuk saling membantu dan peduli sesama, mohon untuk dapat diterima dan insyaAllah menjadikan manfaat,” tuturnya.

Melalui UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal kesadaran berzakat dan berinfak di kalangan ASN selalu ditumbuhkan dan diperkuat sebagai manifestasi dari spirit Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Gerakan ZISWAF yang bersifat masif dan inklusif dapat menjadi salah satu instrumen untuk mengatasi kemiskinan dan kesenjangan sosial ekonomi. ZISWAF mendorong agar harta mengalir dan tidak menumpuk, serta ekonomi masyarakat tumbuh secara sehat dan adil. (bel/rf)