Pelatihan Manasik Haji  Oleh KKG  MI se- Kota Salatiga

SALATIGA- Haji 1439 H/2018, sebagaimana tradisi tiap tahun di Indonesia, biasanya selalu disambut dengan kegiatan manasik haji, khususnya di sekolah-sekolah. Sebanyak kurang lebih 500 anak MI se- Kota Salatiga mengikuti kegiatan latihan manasik haji di halaman Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Salatiga. Kegiatan pelatihan manasik haji bagi siswa siswi madrasah ibtidaiyah yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah se Kota Salatiga (26/09/2018). Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembelajaran usia dini sekaligus menjadi edukasi bagi peserta didik.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, Drs. H. Fahrudin, M. Ag., Kasi Penmad, H.M. Miftah, S.Ag, MH, Ketua KKG MI Kota Salatiga, Drs. Masyhudi, M.Pd.I, para kepala MI sekota Salatiga, para Pengawas Madrasah Kankemenag Kota Salatiga, para guru pendamping siswa dan para siswa siswi yang mendapatkan pelatihan manasik haji sebanyak 500 anak.

Dalam sambutan pengarahannya, H. Fahrudin berharap agar kegiatan pelatihan manasik seperti ini dapat ditingkatkan kualitasnya dan dikembangkan daya cakupannya sehingga benar-benar dapat menjangkau semua siswa siswi di lingkungan madrasah ibtidaiyah. Dengan pelatihan ini, sambungnya, diharapkan bukan hanya agar para siswa mengetahui  secara keilmuan akan tetapi dapat memaknai nilai-nilai ibadah yang terkandung di dalamnya yang nantinya dapat berguna dalam pengamalannya dalam masa dewasanya nanti saat melaksanakan ibadah haji.

Dengan kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya  pemahaman teori ilmu manasik dengan regulasi dan aturan kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan proses ibadah haji. Kegiatan manasik tersebut diisi dengan materi materi manasik haji oleh para pemateri yang diambilkan dari para guru MI yang telah melaksanakan ibadah haji.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan tersebut, Ratim, S.Ag., menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan realisasi program kerja KKG MI tahun 2018 dan insyaallah akan dijadikan program tetap secara periodic.  (Nurch/ Mnc)