Penandatanganan MoU IAIN Salatiga dengan Kemenag Kab. Temanggung

Temanggung – Pada maasa pandemi berkepanjangan yang tidak tahu kapan berakhirnya, tidak menyurutkan semangat Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora (Fuadah) Institut Agama Islam Negeri Salatiga dalam mengembangkan relasi dan kerjasama dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Kerjasama untuk membangun kesinambungan antar dua lembaga institusi dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, Kamis  (16/9)

Kerjasama IAIN Salatiga yang sejatinya sudah berlangsung dalam bentuk praktek kerja lapangan (magang) oleh mahasiswa Fuadah secara formal dan resmi dituangkan dalam surat perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak.

Penandatanganan MOU berlangsung di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, dilakukan langsung oleh Dekan Fuadah IAIN Salatiga M. Gufron Ma’ruf dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung,  H. Ahmad Muhdzir dengan disaksikan Kepala SubbagTU  Agus Latif, Kasi PHU Eko Widodo, Kasi Bimas Islam Munsiri dan seluruh mahasiswa Fuadah IAIN Salatiga  yang melakukan PPL di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Temanggung, Ahmad Muhdzir, menyambut dengan baik maksud dari kedatangan rombongan pimpinan Fuadah IAIN Salatiga untuk penandatanganan kerjasamanya.

“Terimakasih atas kerjasama yang dituangkan dalam perjanjian kerjasama tertulis, ini menjadi terobosan pada tahun 2021 ini dan menjadi percontohan untuk kami dalam kerjasama-kerjasama dengan instansi berikutnya,” ungkapnya.

Ahmad Muhdzir berharap hubungan kerjasama ini menjadi ikatan yang membawa khasanah untuk kedua instansi. Melalui penandatangan MoU semoga menjadi pemicu kerjasama dalam bidang lainnya bisa terjalin.

Sementara Dekan Fuadah IAIN Salatiga, M. Gufron Ma’ruf menyampaikan MoU ini bertujuan untuk menunjang Tri Dharma perguruan tinggi dan mendukung Praktek Pendidikan Lapangan (PPL) mahasiswa. Kerjasama yang terjalin diharapkan akan menciptakan alumni-alumni dari Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora IAIN Salatiga yang dapat mengaplikasikan dengan baik pengetahuan yang diperolehnya dalam kehidupan di masyarakat nantinya. Sehingga semangat pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dapat diwujudkan nantinya oleh alumni-alumni dari IAIN Salatiga. Kerjasama ini juga bertujuan untuk mendorong peningkatan program kerja lembaga masing-masing dalam rangka memperkuat kemandirian, transparansi dan akuntabilitas lembaga peradilan.(sr/rf)