Penerimaan Tamu Ambalan Diadakan secara Daring

MAN 1 Rembang–Ratusan peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Rembang mengikuti kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) serta pelantikan Bantara dan Laksana. Kegiatan PTA diselengarakan secara daring mengingat kondisi masih dalam suasana pandemi Covid19. Kegiatan ini digelar pada hari Sabtu (2/10/2021) di halaman MAN 1 Rembang.

Mukhammad Rozikhan Abdillah (XII IPS 2) selaku pradana mengatakan, kegiatan PTA merupakan program kerja tahunan Dewan Ambalan Gudep Jenderal Soedirman-Dewi Sartika MAN 1 Rembang.

“Kegiatan PTA dua tahun terakhir ini diselenggarakan secara mengingat kondisi masih dalam suasana pandemi Covid-19. dengan materi yang berupa wawasan tentang gugus depan Jenderal soedirman – Dewi Sartika. Sebagai pradana, saya selalu koordinasi dengan pembina serta bekerja sama dengan para pengurus Dewan Ambalan agar kegiatan PTA ini berjalan lancar tanpa kendala,” kata Rozikhan.

Khawil Ma’ali dan Sri Hariningsih selaku pembina pramuka MAN 1 Rembang menjelaskan materi kegiatan PTA telah diberikan sebelum hari pelaksanaan PTA secara daring dan live melalui media sosial facebook, instagram, serta aplikasi zoom meeting. Materi yang akan diajarkan meliputi Pendirian tenda, PBB, Pioneering, dan Dinamika kelompok. “Kegiatan PTA tahun ini lebih mengutamakan pendalaman materi kepramukan,” terang Khawil.

Dalam sambutan pelantikan, Taufik selaku Kepala MAN 1 Rembang menyampaikan, tamu ambalan baru dituntut untuk menjadi pramuka penegak yang kreatif dan inovatif. “Fokus Kegiatan PTA tahun ini adalah pemahaman materi supaya peserta didik baru lebih kreatif, inovatif, serta menjadi pramuka penegak yang milenial,” tandas Taufik. –sutejo