Perdalam Teknik Penilaian, 132 Guru Madrasah Ikuti Pelatihan

Purbalingga – Dalam rangka memperdalam dan mengembangkan kemampuan guru madrasah, Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Bukateja  menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Kisi-kisi dan Soal Bagi Guru Kelas I, II, III, IV, dan V Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Bukateja. Kegiatan yang diikuti oleh 132 orang guru kelas ini diselenggarakan di MIM Kedungjati Bukateja dengan narasumber Pengawas RA/BA-MI Kecamatan Kejobong, Sabtu (28/10).

Ketua penyelenggara kegiatan, Sabikhi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya.

“Pada tahap pertama, kegiatan diikuti oleh guru-guru kelas VI sejumlah 16 orang, sedangkan pada tahap kedua diikuti oleh guru kelas I, II, III, IV dan V sebanyak 132 orang,” ungkap Sabikhi.

Dia juga menambahkan bahwa pelatihan penulisan kisi-kisi dan soal bagi guru merupakan salah satu komponen terpenting dari pengembangan profesionalisme guru. Karena hasil kerja guru tercermin pada hasil belajar siswa yang diketahui melalui kegiatan penilaian. Sehingga alat penilaian hasil belajar siswa yang berupa soal-soal haruslah memiliki validitas yang tinggi.

Dalam kegiatan praktek penyusunan kisi-kisi dan soal, para peserta dibagi menjadi 5 kelompok sesuai dengan kelas masing-masing. Seluruh peserta dituntut untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam menyusun soal yang sesuai dengan kisi-kisi yang telah dibuat sebelumnya. Hasil kerja tersebut ditampilkan di hadapan seluruh peserta pada slide melalui LCD proyektor, kemudian dikritisi oleh peserta lain dan narasumber.

Sekretaris KKG, Khaerin berharap kegiatan ini dapat menghasilkan produk yang bermutu dan dapat dimanfaatkan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan Penilaian Harian,” ungkap Khaerin. (sar/gt)